Kompas.com - 04/02/2021, 13:01 WIB
Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang. dok. Dusun Semilir Eco ParkTempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.

KOMPAS.comGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh pengelola tempat wisata termasuk restoran, mall, dan jalur-jalur pendakian gunung di Jawa Tengah (Jateng) tutup pada 6-7 Februari 2021.

“Prinsipnya karena kita mau menghormati medis dan kondisi Covid-19 yang terus meningkat, kita meminta untuk semuanya yuk di rumah saja,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Ketjeh Resto Klaten yang Unik, Bisa Makan Sambil Main Air

Dia melanjutkan bahwa melalui partisipasi pengelola tempat wisata dalam melakukan penutupan selama gerakan Jateng di Rumah Saja, mereka sudah berkontribusi terhadap kemanusiaan, tenaga kesehatan, dan rumah sakit.

“Restoran dan mal kita minta semua untuk partisipasi, meski saya sudah paham pasti ada yang nekat. (Jalur-jalur pendakian gunung) sebakinya sama, toh mendaki nanti juga akhirnya akan berkerumun, berkumpul,” ujar Ganjar.

Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa TengahDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

Adapun, Jateng di Rumah Saja merupakan gerakan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jateng untuk menutup seluruh tempat keramaian selama dua hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerakan yang sebentar lagi dilaksanakan pun tertera dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng Nomo 443.5/000/933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan Pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Jateng.

Baca juga: Kenapa Pendakian Gunung Slamet Dibatasi Sampai Plawangan?

Kendati akan terjadi penutupan, SE tersebut menyebutkan bahwa sektor esensial, seperti kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, dan perbankan tetap beroperasi.

Sektor logistik dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional juga beroperasi.

Tempat wisata yang ikut arahan Gubernur Jateng

Terkait gerakan Jateng di Rumah Saja, berdasarkan pantauan Kompas.com, Kamis (4/2/2021), Gunung Andong melalui akun Instagram @gunungandong mengumumkan bahwa seluruh jalur pendakian akan ditutup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.