Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng di Rumah Saja, Tempat Wisata di Karanganyar Mungkin Tetap Buka

Kompas.com - 04/02/2021, 16:40 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan bahwa tidak ada penutuoan tempat wisata yang ada di sana selama berlangsungnya gerakan Jateng di Rumah Saja, 6–7 Februari 2021.

“Kemungkinan tetap buka. Tapi ya enggak akan ada pengunjung,” kata Titis ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (4/2/2021).

Pasalnya selama masa pandemi Covid-19 ditambah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dampaknya sangat berat pada pelaku usaha pariwisata.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Wisata di Karanganyar Berbasis Alam Tetap Buka

Menurut Titis, jumlah kunjungan ke setiap tempat wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar, terutama Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu bisa dibilang sangat sedikit atau bahkan hampir tidak ada.

“Pengunjungnya sangat minim. Paling ada dua orang, 20 orang. Karyawannya 40, pengunjungnya sehari hanya dua,” ujar Titis.

Maka dari itu, ditutup atau tidaknya tempat wisata selama periode Jateng di Rumah Saja ini bisa dibilang tak akan memberi pengaruh yang berarti pada usaha penekanan penyebaran Covid-19.

Wisata Gunung Gamping Tawangmangu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Wisata Gunung Gamping Tawangmangu.

Apalagi di masa pandemi ini, kata Titis, banyak sekali yang perlu dibiayai dan ditangani agar pencegahan penyebaran Covid-19 bisa lebih maksimal.

“Tapi tempatnya itu bukan di sektor pariwisata. Karena itu tadi (tidak ada pengunjung). Enggak usah dipikir atau diurus karena enggak ada orang berwisata,” imbuh Titis.

Reaksi pelaku usaha pariwisata

Menanggapi gerakan ini, banyak pelaku usaha pariwisata yang merasa cukup jengkel, khususnya terhadap berbagai pembatasan di sektor pariwisata.

Menurut Titis, banyak pelaku usaha pariwisata yang mulai jengkel karena seakan terus menerus dikaitkan dengan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Jateng di Rumah Saja, Setiap Daerah Dipersilakan Lakukan Penyesuaian

Padahal, protokol kesehatan di tempat wisata sudah dijaga dengan ketat. Apalagi sebenarnya hampir tidak ada pengunjung yang datang ke sana.

“Kayak jadi pesakitan bahwa pandemi ini penyebabnya pariwisata gitu. Sampai jengkel gitu ya, karena betul betul enggak ada pengunjung,” tutur Titis.

Kebijakan Pemkab Karanganyar

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar belum mengeluarkan surat edaran atau imbauan lanjutan dari imbauan Jateng di Rumah Saja yang dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com