Kompas.com - 07/02/2021, 07:07 WIB
Bukit Peramun, Belitung https://belitonggeopark.netBukit Peramun, Belitung

KOMPAS.com – Bukit Peramun yang berada di Desa Air Selumar, Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung memiliki satwa khas bernama tarsius.

Di tempat wisata itu, kedepan akan hadir game yang mengadopsi Pokemon GO bernama Peramun Goals.

Gagasan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat hendak mengamati tarsius di Buki Peramun, Jumat (5/2/2021).

Menurut rilis resmi yang Kompas.com terima, Jumat (5/2/2021), Sandiaga mengaku mendapat ide untuk membuat game berbasis aplikasi yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) itu saat mencari tarsius.

Baca juga: Pantau Hewan Langka di Belitung Ini, Sandiaga Susuri Bukit Malam Hari

Mirim Pokemon GO, nantinya pengunjung dapat menangkap beragam obyek tak kasat mata melalui game yang dapat dimaninkan melalui smartphone itu.

"Jadi selain keunggulan tarsiusnya, Bukit Peramun juga memiliki fitur digital. Ada beberapa pohon yang bisa di-scan dengan aplikasi khusus dan keluar cerita tentang pohon tersebut," kata Sandi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melanjutkan, desa wisata itu pun nantinya akan memiliki fitur hologram. Selain itu akan ada tempat-tempat instagramable.

Tarsius, primata langka yang bisa ditemukan di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dok pemprov Babel. Tarsius, primata langka yang bisa ditemukan di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Sandi pun yakin keunikan yang ditawarkan game Peramun Goals itu nantinya akan meningkatkan jumlah kunjungan ke sana pascapandemi.

Pemanfaatan teknologi seperti itu menurut dia tidak hanya memulihkan pariwisata, tetapi juga dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal, mulai pemandu tur, hingga pengembang game.

Harapkan pengembangan ekowisata Bangka Belitung

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X