Kompas.com - 07/02/2021, 11:11 WIB

KOMPAS.com – Tempat wisata Tebing Breksi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baru-baru ini viral akibat adanya unggahan dari seorang pengunjung di sebuah grup Facebook.

Dalam unggahan tersebut, penulis mengungkapkan kekecewaannya terhadap beberapa faktor di tempat wisata tersebut. Beberapa di antaranya adalah harga tiket yang dianggap terlalu mahal dan tarif sukarela spot foto yang katanya malah ditetapkan minimal nominalnya.

Ada pula keluhan terkait para penjaga spot foto yang cenderung mengikuti para wisatawan ketika ingin berfoto.

Baca juga: Pengelola Tebing Breksi Bantah Isu Wisatawan Diikuti Penjaga dan Tarif Khusus di Spot Foto

Hal serupa ternyata dialami oleh Diah Fitri Widianty (20), seorang pengunjung asal Jakarta yang baru-baru ini berwisata ke Tebing Breksi. Ia mengeluhkan salah satunya soal kenaikan harga tiket yang dianggap cukup mahal.

“Kemarin pas beli tiket loh kok jadi naik dua kali lipat jadi Rp 10.000 per orang dan tiket motor Rp 3.000. Entah karena sudah viral atau memang lagi pandemi,” kata dia pada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Padahal awalnya harga tiket hanya seikhlasnya saja. Kemudian lama kelamaan naik menjadi Rp 5.000.

Selain itu, ia juga merasa tarif spot foto di sana seakan menetapkan nominal minimal yang bisa diberikan pengunjung.

Pemandangan Tlatar Seneng di Tebing Breksi terlihat dari ketinggian.Instagram @tebingbreksi_official Pemandangan Tlatar Seneng di Tebing Breksi terlihat dari ketinggian.

“Saya kira biaya tiket Rp 10.000 itu sudah bebas foto-foto di spotnya. Ternyata masih dimintain uang sumbangan ya kurang lebih Rp 5.000. Setiap spot foto ada penjaganya. Ada yang ditetapin uang sumbangannya, ada yang seikhlasnya,” ujar Diah.

Saat berwisata ke sana terakhir kali, ia mengaku tidak berfoto di spot foto yang sudah disediakan. Alasannya karena jika dijumlah-jumlah maka akan relatif mahal, dan ia juga sempat merasa diikuti oleh penjaga spot foto di sana.

Diah berharap agar tiket masuk ke Tebing Breksi bisa dibuat lebih terjangkau lagi. Sementara untuk spot foto, ada baiknya tidak perlu menetapkan jumlah minimal Rp 5.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.