Kompas.com - 08/02/2021, 15:10 WIB

KOMPAS.com – Bandara Internasional Banyuwangi yang ada di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ditutup sementara akibat erupsi Gunung Raung, Senin (8/2/2021) pukul 08.37-14.37 WIB.

Karena kondisi itu, penerbangan maskapai Lion Air Group, yakni Lion Air, Wings Air, serta Batik Air dari dan menuju Banyuwangi mengalami pembatalan pada Senin (8/2/20201).

Adapun, material abu vulkanik dari letusan Gunung Raung dapat merusak struktur atau komponen pesawat, sehingga membahayakan penerbangan.

Berikut ini adalah daftar maskapai Lion Air Group yang mengalami pembatalan penerbangan dari dan menuju Banyuwangi:

Kedatangan di Bandara Internasional Banyuwangi

  1. Wings Air penerbangan IW-1880 pukul 09.00 WIB dari Surabaya
  2. Batik Air penerbangan ID-6590 pukul 10.00 dari Jakarta-Bandara Sekarno Hatta
  3. Lion Air penerbangan JT-594 pukul 06.25 WIB dari Jakarta-Bandara Soekarno Hatta

Keberangkatan dari Bandara Internasional Banyuwangi

  1. Wings Air penerbangan IW-1881 pukul 10.10 WIB tujuan Surabaya
  2. Batik Air penerbangan ID-6591 pukul 12.20 WIB tujuan Jakarta-Bandara Soekarno Hatta
  3. Lion Air penerbangan JT-593 pukul 09.00 WIB tujuan Jakarta-Bandara Soekarno Hatta

Menurut rilis resmi dari Lion Air Group yang Kompas.com terima, Senin (8/2/2021), kondisi terganggunya operasional penerbangan akibat erupsi Gunung Raung termasuk force majeure atau di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan.

Lion Air Group juga sudah menginformasikan kepada seluruh calon penumpang yang terganggu penerbangannya dan memperbarui sesuai perkembangan.

Baca juga: 16 Lokasi Layanan Rapid Test Antigen dari Lion Air Group dan Jadwalnya

Calon penumpang yang terdampak pembatalan penerbangan pun bisa melakukan penjadwalan ulang keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana (refund) sesuai aturan.

Kapan beroperasinya lagi penerbangan Lion Air Group dari dan menuju Banyuwangi juga akan dilakukan saat otoritas bandara menyatakan pesawat dapat lepas landas atau mendarat dengan aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.