BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Switzerland Tourism

Hadirkan Pengalaman Berbeda, Lakukan 5 Aktivitas Anti-Mainstream Ini Saat Berlibur di Swiss

Kompas.com - 10/02/2021, 00:00 WIB
Swiss memiliki panorama alam bak negeri dongeng hingga wisata sejarah yang menggugah jiwa Dok. Switzerland TourismSwiss memiliki panorama alam bak negeri dongeng hingga wisata sejarah yang menggugah jiwa

KOMPAS.com - Bila Anda menginginkan pengalaman berbeda dalam berwisata, Swiss tampaknya tidak boleh terlewatkan dalam bucket list yang disusun.

Tak hanya dikenal sebagai produsen jam tangan mewah, Swiss juga memiliki deretan destinasi wisata yang memesona. Negara ini menawarkan segudang pengalaman unik bagi setiap pengunjungnya, mulai dari panorama alam bak negeri dongeng hingga wisata sejarah yang menggugah jiwa.

Menemukan referensi destinasi wisata di Swiss bukan perkara sulit. Berbagai destinasi populer, seperti Puncak Matterhorn, Gunung Titlis, dan Danau Jenewa, kerap muncul berulang di beberapa artikel yang mengulas destinasi wisata Swiss.

Selain deretan destinasi tadi, Swiss sebenarnya masih punya “surga tersembunyi” yang bakal membuat pelancong takjub. Ragam aktivitas anti-mainstream pun dapat dilakukan di surga tersebut.

Jadi, penasaran kan dengan aktivitas anti-mainstream di surga tersembunyi Swiss? Berikut Kompas.com rangkumkan daftar aktivitas tersebut.

1. Menaiki Eiger Express

Gondola trikabel Eiger ExpressDok. Switzerland Tourism Gondola trikabel Eiger Express

Proyek gondola trikabel Eiger Express telah selesai dibangun pada akhir 2020. Gondola tersebut menjadi sarana transportasi baru bagi para wisatawan yang ingin menuju puncak Jungfraujoch. Sebelumnya, destinasi tersebut hanya dapat dijangkau dengan Kereta Api Jungfraubahn.

Eiger Express menghubungkan Stasiun Grindelwald dan Eigergletscher. Gondola trikabel ini dapat menampung 26 orang dan mampu mengangkut 2.200 penumpang per jam. Selama perjalanan, Anda dapat menikmati panorama Pegunungan Alpen yang menakjubkan.

Selain itu, keberadaan Eiger Express juga mempersingkat perjalanan dari Stasiun Grindelwald menuju Stasiun Eigergletscher. Anda hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai di stasiun yang berada di ketinggian 2.856 meter di atas permukaan laut (mdpl), lebih cepat sekitar 47 menit ketimbang menggunakan kereta api.

Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk menikmati berbagai destinasi dalam satu hari penuh, seperti Panorama Hall, Ice Palace, Alpine Sensation, dan Snow Fun Park.

2. Mengunjungi Lindt Home of Chocolate

Air mancur cokelat setinggi 9 meter di Lindt Home of ChocolateDok. Switzerland Tourism Air mancur cokelat setinggi 9 meter di Lindt Home of Chocolate

Memiliki luas total sekitar 6.000 meter persegi, Lindt Home of Chocolate merupakan museum sekaligus toko cokelat terbesar di dunia. Di sana, Anda dapat melihat proses pembuatan cokelat, mulai dari biji kakao, cokelat cair, hingga menjadi cokelat batangan.

Museum tersebut menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti pameran interaktif mengenai sejarah dan budaya cokelat di Swiss. Anda pun dapat berkreasi membuat cokelat sendiri di Chocolateria.

Selain itu, Anda dapat mencicipi cokelat dengan berbagai rasa unik di kafe Chocolate Heaven. Tak hanya cokelat, santapan lain, seperti salad, roti panggang, dan quiches, juga bisa Anda nikmati di kafe tersebut.

Atraksi utama yang ditawarkan Lindt Home of Chocolate adalah air mancur cokelat setinggi 9 meter yang dirancang oleh Atelier Bru?ckner. Cokelat cair meleleh dari atas ke bawah layaknya adegan di film Willy Wonka and the Chocolate Factory.

3. Menikmati panorama di Kereta Golden Pass

Menikmati panorama Swiss yang menakjubkan dari Kereta Golden PassDok. Switzerland Tourism Menikmati panorama Swiss yang menakjubkan dari Kereta Golden Pass

Golden Pass merupakan kereta api dengan jendela panorama pertama di dunia. Selama sekitar lima jam perjalanan, penumpang akan disuguhi pemandangan memukau yang seakan tak ada habisnya, mulai dari sapi-sapi yang merumput di padang hijau yang membentang luas hingga rumah-rumah kayu tradisional di antara perbukitan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati delapan danau, enam desa, dan tiga gunung sekaligus dengan Pegunungan Alpen sebagai latar belakangnya. Puncaknya, Anda dapat menikmati pemandangan Danau Jenewa yang begitu memukau sebelum tiba di Montreux.

Baca juga: Memukau, Destinasi Wisata di Swiss Ini Jadi Latar Film-film Hollywood

Kereta tersebut menghubungkan wilayah berbahasa Jerman, Zweisimmen, dan wilayah berbahasa Prancis, Montreux. Sebagai informasi, Swiss memiliki empat wilayah dengan budaya dan bahasa yang berbeda.

Perjalanan dengan Kereta Golden Pass tak hanya menyajikan panorama alam yang fantastis, tetapi juga memberikan pengalaman yang kaya akan nilai-nilai budaya Swiss.

4. Berendam air panas di Leukerbad

Relaksasi di pemandian air panas LeukerbadDok. Switzerland Tourism Relaksasi di pemandian air panas Leukerbad

Berdasarkan artefak yang ditemukan, sumber mata air panas di Leukerbad telah digunakan oleh bangsa Romawi untuk melepas lelah dan stres sejak 1.500 Sebelum Masehi (SM). Kini, wilayah tersebut menjadi salah satu resor spa dan kebugaran terbesar di Swiss.

Leukerbad memiliki 65 titik yang menyemburkan 3,9 juta liter air panas dengan suhu sekitar 51 derajat Celcius setiap hari. Anda dapat berelaksasi seraya menikmati panorama sunset di antara pegunungan yang tertutup salju.

Selain pemandian air panas, Anda juga dapat berski di sektor Torrent dan Gemmi Pass. Tersedia pula area fasilitas olahraga indoor luas yang dapat dinikmati sepanjang tahun.

5. Menengok Swissminiatur

Melihat negara Swiss dalam bentuk miniatur di SwissminiaturDok. Switzerland Tourism Melihat negara Swiss dalam bentuk miniatur di Swissminiatur

Swissminiatur merupakan taman seluas 14.000 meter persegi yang menyajikan pemandangan seluruh negara Swiss dalam bentuk miniatur. Dibuka sejak 1959, taman yang berada di Kota Melide ini merupakan satu-satunya taman miniatur di Swiss.

Taman tersebut memiliki koleksi 128 model rumah, kastel, dan monumen yang dibuat secara mendetail. Anda dapat melihat Desa Heidi, Kastel Burgdorf, Gedung Parlemen Federal, dan Katedral Milan dengan detail yang mengagumkan, baik tampak luar maupun dalam.

Tak hanya bangunan, Anda pun dapat melihat miniatur kereta api, gondola, dan kapal yang beroperasi layaknya di dunia nyata. Kehadiran 15.000 spesies bunga dan 1.500 pohon kian menyegarkan suasana yang ada di Swissminiatur.

Selain itu, Swissminiatur juga memiliki taman bermain yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Ada pula restoran self-service yang menyajikan berbagai santapan menarik untuk mengisi perut setelah seharian berkeliling taman.

Itulah sederet aktivitas anti-mainstream yang dapat Anda lakukan selama berkunjung ke Swiss.

Kunjungi laman ini untuk mendapatkan penawaran dan informasi itinerari menarik dari berbagai agen perjalanan ternama, seperti Antavaya, ATS Vacations, Avia Tour, Bayu Buana, Bianglala Tour, dan Chan Brothers Travel.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat informasi mengenai perjalanan di Swiss di agen perjalanan Dwidaya Tour, Golden Rama, Icon Holiday, Karmel Tour, KIA Tours and Travel, Obaja Tour, Panen Tour, Panorama JTB, Raya Utama Travel, Smailing Tour, dan Wita Tour.

Ingin mendapatkan kesempatan berlibur ke Swiss secara gratis? Ikuti kuis yang ada di artikel ini dan coba peruntungan Anda sekarang!

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Rencana Thailand Terima Turis yang Sudah Divaksin Covid-19

Rencana Thailand Terima Turis yang Sudah Divaksin Covid-19

Travel Update
Sambil Gowes, Kompas.com Salurkan Donasi Internet dan Buku di Trenggalek

Sambil Gowes, Kompas.com Salurkan Donasi Internet dan Buku di Trenggalek

Travel Update
4 Wisata Seru Pulau Samosir yang Ada di Tengah Danau Toba

4 Wisata Seru Pulau Samosir yang Ada di Tengah Danau Toba

Jalan Jalan
Itinerary Solo Trip 3 Hari 2 Malam ke Belitung

Itinerary Solo Trip 3 Hari 2 Malam ke Belitung

Itinerary
Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam ke Belitung Bareng Teman-teman

Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam ke Belitung Bareng Teman-teman

Itinerary
Hotel di Thailand ini Tawarkan Field Trip Virtual Gratis untuk Lihat Gajah

Hotel di Thailand ini Tawarkan Field Trip Virtual Gratis untuk Lihat Gajah

Travel Update
IATA: Paspor Digital Penerbangan akan Diluncurkan Maret 2021

IATA: Paspor Digital Penerbangan akan Diluncurkan Maret 2021

Travel Update
Antis dan Tiket.com Beri Promo Hotel, Diskon Hingga 60 Persen

Antis dan Tiket.com Beri Promo Hotel, Diskon Hingga 60 Persen

Travel Promo
Wisata Gunung Bromo Tutup Total Saat Hari Raya Nyepi, 14-15 Maret 2021

Wisata Gunung Bromo Tutup Total Saat Hari Raya Nyepi, 14-15 Maret 2021

Travel Update
5 Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Layanan Gratis Rapid Test Antigen

5 Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Layanan Gratis Rapid Test Antigen

Travel Update
Sriwijaya Air dan NAM Air Perpanjang Gratis Rapid Test Antigen hingga 17 Maret 2021

Sriwijaya Air dan NAM Air Perpanjang Gratis Rapid Test Antigen hingga 17 Maret 2021

Travel Update
Itinerary 2 Hari 1 Malam di Garut, dari Gunung hingga Kebun Binatang

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Garut, dari Gunung hingga Kebun Binatang

Itinerary
5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pulau Ganghwado, Korea Selatan

5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pulau Ganghwado, Korea Selatan

Travel Tips
Kunjungan Wisata ke DIY Diharapkan Naik Setelah Pelaku Wisata Divaksinasi

Kunjungan Wisata ke DIY Diharapkan Naik Setelah Pelaku Wisata Divaksinasi

Travel Update
Sebelum ke Millenial Coffee & View Yogyakarta, Simak 9 Tipsnya

Sebelum ke Millenial Coffee & View Yogyakarta, Simak 9 Tipsnya

Travel Tips
komentar di artikel lainnya