Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Filateli Jakarta Bakal Diubah Jadi Tempat Nongkrong Kekinian

Kompas.com - 12/02/2021, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comGedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru akan diubah dan direvitalisasi menjadi tempat nongkrong kekinian bernuansa tempo dulu benama Pos Bloc.

“Betul diubah. Kerja sama dengan PT Pos Properti Indonesia untuk kita jadikan semacam ruang kreatif, pemberdayaan publik yang baik dan benar,” kata salah satu pendiri M Bloc Space Handoko Hendroyono kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2021).

Dia melanjutkan, revitalisasi itu merupakan bagian dari pengembangan M Bloc Space untuk membuat semacam klaster guna memperkuat produk UMKM dan UKM lokal.

Baca juga: Masjid Lautze, Masjid Empat Tingkat Bergaya China di Pasar Baru

Di dalamnya, Pos Bloc akan memiliki ruang kebudayaan untuk pameran, pertunjukan musik, dan toko-toko bagi penjual produk dan makanan lokal.

“Jadi harapannya Pos Bloc akan menjadi destinasi baru. Nanti kita akan kurasi produk-produk lokal dengan baik. Nanti bentuk (yang ditampilkan) bisa toko atau pop up store,” tutur Handoko.

Adapun, para tenant yang dihadirkan nantinya bergerak di berbagai bidang dalam industri kreatif, termasuk film dan musik.

Nuansa Jakarta tempo dulu

Salah satu ruangan dalam Pos Bloc akan diubah menjadi venue musik. Namun, yang membedakan dari M Bloc adalah musik yang ditampilkan lebih ke genre yang berbau nostalgia.

Baca juga: Toko Kompak di Pasar Baru, Bangunan Kuno yang Berdiri Sejak 1800

“Band mungkin kayak White Shoes & The Couples Company, Naif, NonaRia gitu. Dengan suasana yang membangkitkan tempo dulu,” jelas Handoko.

Tangkapan layar tampilan Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru yang akan diubah menjadi Pos Bloc yang ditunjukkan melalui konferensi pers virtual (dok. Alsabrina | https://nova.grid.id/).dok. Alsabrina | https://nova.grid.id/ Tangkapan layar tampilan Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru yang akan diubah menjadi Pos Bloc yang ditunjukkan melalui konferensi pers virtual (dok. Alsabrina | https://nova.grid.id/).

Terkait hal tersebut, dia menuturkan bahwa nuansa yang ditampilkan selaras dengan lokasi Pos Bloc yang dekat dengan bangunan-bangunan kuno.

Beberapa di antaranya adalah Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta, dan Gedung Antara.

Selain lingkungannya yang akan semakin memperkuat suasana tempo dulu, Gedung Filateli Jakarta juga memiliki narasi yang dirasa Handoko sangat kuat.

Baca juga: Menengok Klenteng Sin Tek Bio Pasar Baru, Berdiri Sejak 1698

“Menggali nuansa masa lalu Indonesia dengan Kantor Pos Pasar Baru, bangunan itu dibangun tahun 1900-an. Area di situ sarat dengan nuansa nostalgia,” kata Handoko.

Ia melanjutkan, bangunan itu punya ekosistem masa lalu yang kuat sekali, sehingga beruntung sekali pihaknya dipercaya merevitalisasinya.

Bagian dalam Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru yang akan diubah menjadi Pos Bloc (dok. Instagram @mblocspace).dok. Instagram @mblocspace Bagian dalam Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru yang akan diubah menjadi Pos Bloc (dok. Instagram @mblocspace).

Mengutip Nova, Rabu (10/2/2021), Gedung Filateli Jakarta dulunya adalah gedung Post Telefon en Telegraf yang dirancang dan dibangun oleh arsitek Belanda yakni JF von Hoytema selama 17 tahun (1912-1929).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com