Kompas.com - 15/02/2021, 15:14 WIB


KOMPAS.com – Mulai 5 Februari 2021, metode tes GeNose C19 telah menjadi salah satu pilihan syarat pemeriksaan untuk naik kereta api jarak jauh berdasarkan aturan dari Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Maka dari itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun.

Sejauh ini, sudah ada delapan stasiun kereta api yang melayani pemeriksaan Covid-19 dengan metode GeNose C19. Sebelumnya, baru ada dua stasiun yang menyediakan.

Baca juga: Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

Namun, PT KAI baru saja menambah enam stasiun kereta api penyedia layanan pemeriksaan GeNose C19 per 15 Februari 2021.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @kai121_ dan rilis resmi PT KAI berikut ini daftar stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yakni:

  1. Stasiun Pasar Senen Jakarta
  2. Stasiun Gambir Jakarta
  3. Stasiun Tugu Yogyakarta
  4. Stasiun Solo Balapan
  5. Stasiun Bandung
  6. Stasiun Cirebon
  7. Stasiun Tawang Semarang
  8. Stasiun Pasar Turi Surabaya

Baca juga: Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro

Secara bertahap, nantinya layanan ini akan tersedia di stasiun-stasiun besar lainnya. Harganya sendiri, masih ditetapkan tarif sebesar Rp 20.000. Harga tersebut, menurut pantauan Kompas.com, belum berubah hingga kini.

Langkah pemeriksaan GeNose di stasiun

Syarat bukti hasil negatif Covid-19 memang jadi salah satu syarat naik kereta api di masa pandemi. Ada tiga metode tes yang bisa dipilih oleh penumpang, yakni GeNose test, rapid test antigen, atau RT-PCR.

Syarat tes dengan metode GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR ini tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 dan SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021.

Salah satu penumpang kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta, test menggunakan GeNose Jumat (5/2/2021)Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Salah satu penumpang kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta, test menggunakan GeNose Jumat (5/2/2021)

Sampel tes tersebut harus diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan dan tidak diwajibkan bagi calon penumpang yang berusia di bawah 5 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.