Kompas.com - 18/02/2021, 17:05 WIB
Pantai Watu Bale, Pacitan. shutterstock/Utik MargariniPantai Watu Bale, Pacitan.

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra mengatakan, Pantai Watu Bale di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan kini memiliki wahana baru yakni jembatan “ekstrem”.

“Desember 2020 (dibuat) jembatan di Watu Bale yang menghubungkan pantai ke suatu pulau. Jembatan atau disebutnya wahana uji nyali,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Tempat Wisata Pacitan Sudah Buka, Wisatawan Sering Lupa Pakai Masker

Andi melanjutkan, wahana tersebut seharusnya sudah dibuka pada awal Januari 2021. Namun karena kasus Covid-19 di Pacitan meningkat, wahana tersebut baru dibuka pada awal Februari.

Bagi wisatawan yang ingin mencobanya, mereka tidak perlu khawatir karena keamanannya sudah dipersiapkan dengan baik.

Tangkapan layar wahana baru di Pantai Watu Bale dari video yang dikirim oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra kepada Kompas.com, Rabu (17/2/2021) (dok. Kompas.com / Nabilla Ramadhian).kompas.com / Nabilla Ramadhian Tangkapan layar wahana baru di Pantai Watu Bale dari video yang dikirim oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra kepada Kompas.com, Rabu (17/2/2021) (dok. Kompas.com / Nabilla Ramadhian).

“Keamanan kami benar-benar pastikan untuk orang, dan dari sisi alam, cuaca juga memenuhi standar. Kami punya parameter kecepatan angin. Jadi, wisatawan bisa uji nyali tapi tetap aman,” jelas Andi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila terjadi pasang ombak, atau gelombang ombak terjadi di atas standar keamanan jembatan yang telah ditetapkan, maka wisatawan tidak akan bisa melewati jembatan tersebut.

Andi mengatakan bahwa kapasitas pengunjung menaiki wahana ekstrem tersebut adalah maksimal empat orang.

Baca juga: DAMRI Layani Rute Stasiun Magetan-Pantai Klayar Pacitan

“Sekarang dibuka bertahap, satu orang dan satu pendamping dari tempat wisata. Nanti dinaikkan menjadi dua orang dan satu pendamping yang punya keahlian,” tuturnya.

Tidak hanya itu, tepat di bawah wahana tersebut telah tersedia perahu penyelamat sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika tertarik untuk melewati jembatan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 40.000 per orang. Sementara biaya masuk Pantai Watu Bale adalah Rp 5.000 per orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X