Kompas.com - 19/02/2021, 07:31 WIB
Tangkapan layar pemandangan Waduk Tukul atau Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/2/2021) dan rencananya akan dikembangkan menjadi tempat wisata (dok. YouTube Sekretariat Presiden). dok. YouTube Sekretariat PresidenTangkapan layar pemandangan Waduk Tukul atau Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/2/2021) dan rencananya akan dikembangkan menjadi tempat wisata (dok. YouTube Sekretariat Presiden).

KOMPAS.comWaduk Tukul atau Bendungan Tukul, Kabupaten Pacitan yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/2/2021) rencananya akan dikembangkan menjadi tempat wisata baru.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra mengatakan, waduk tersebut lokasinya dekat dengan beberapa tempat wisata.

“Itu bersebelahan dengan Banyu Anget. Di sebelah, kita punya wisata religi Pondok Pesantren tertua di Indonesia, Pondok Tremas,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Waduk Tukul di Pacitan yang Diresmikan Jokowi Akan Jadi Tempat Wisata

Selain dua tempat wisata tersebut, ada juga tempat wisata sejarah yang lokasinya agak sedikit menanjak dari Waduk Tukul.

Saat ini, Waduk Tukul belum difungsikan sebagai tempat wisata. Namun, pengunjung bisa berfoto-foto di jalur yang melingkari waduk karena menampilkan pemandangan perbukitan yang mengapit waduk.

Usai berswafoto ria sambil melihat pemandangan, berikut daftar tiga tempat wisata di sekitar Waduk Tukul yang bisa dikunjungi dalam sehari yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (17/2/2021):

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pemandian Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget, juga dikenal dengan Pemandian Air Hangat Tirto Husodo berlokasi di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Tempat wisata tersebut memiliki kolam-kolam pemandian yang airnya berasal dari sumber air panas. Namun, suhu air pada kolam utama terbilang cukup tinggi sehingga ditutup untuk umum.

Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Pacitan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Pacitan.

Sementara untuk kolam lain, suhu air sudah disesuaikan sehingga wisatawan bisa berendam dengan aman sambil bersantai.

Baca juga: Pantai Soge Pacitan, Pantai Cantik di Tepi Jalur Lintas Selatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X