Kompas.com - 19/02/2021, 17:05 WIB
Dusun Semilir Eco Park di Bawen dengan Arsitektur yang Unik. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaDusun Semilir Eco Park di Bawen dengan Arsitektur yang Unik.

UNGARAN, KOMPAS.com - Wisata Dusun Semilir di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akan membagikan tiket gratis.

Akan tetapi, tiket gratis itu bukan untuk wisatawan umum, melainkan warga yang tinggal di sekitar Dusun Semilir.

Total ada 1.884 tiket gratis yang dibagikan kepada warga RW 1 Lingkungan Ngemplak, Desa Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

General Manager Dusun Semilir Agus Sasongko mengatakan, pemberian tiket tersebut bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan warga pada masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Akibat PPKM, Kunjungan Wisatawan ke Dusun Semilir Menurun

"Dusun Semilir dengan warga akan saling mendukung, kita menciptakan mutualisme," kata dia di Kantor Kelurahan Bawen, Jumat (19/2/2021).

Selain pemberian tiket gratis, Dusun Semilir juga membantu pembuatan sumur air bersih yang dialirkan di wilayah RW 1 Lingkungan Ngemplak Desa Bawen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita juga memprioritaskan pelaku UMKM dari warga sekitar untuk memasarkan produknya di Dusun Semilir," imbuh dia.

Wahana Prosotan di Dusun Semilir yang viral di media sosial.KOMPAS.com/IST Wahana Prosotan di Dusun Semilir yang viral di media sosial.

Agus melanjutkan bahwa selama masa PPKM Mikro, kunjungan wisatawan di Dusun Semilir menurun drastis. Bahkan, jumlah pengunjung tidak pernah mencapai 50 persen dari kapasitas.

"Memang ada pembatasan dari pemerintah untuk kunjungan, tapi tanpa dibatasi jumlah pengunjung tidak pernah sampai 50 persen," sambung dia.

Pihaknya berharap setelah masa PPKM mikro berakhir pada 22 Februari 2021, ada kebijakan yang berpihak kepada dunia pariwisata agar bisa bangkit dan perekonomian kembali berputar.

Baca juga: 6 Aktivitas Seru di Dusun Semilir, Pas untuk Libur Akhir Pekan

Sementara itu, Lurah Bawen Hartono, selain berterima kasih, juga berharap agar UMKM masyarakat setempat tetap mendapat prioritas di Dusun Semilir.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X