Kompas.com - 19/02/2021, 19:01 WIB
Embung Sikembang di Pagergunung, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang indah dikelilingi perbukitan. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAEmbung Sikembang di Pagergunung, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang indah dikelilingi perbukitan.

MAGELANG, KOMPAS.com – Hamparan perbukitan di utara Gunung Merbabu ternyata menyajikan keindahan pesona alamnya. Di sana, ada beberapa bukit atau gunung kecil yang biasa jadi tujuan pendaki, seperti Gunung Andong dan Telomoyo.

Namun, ternyata daerah sana tak hanya menyajikan wisata pendakian gunung saja. Ada wisata baru, yakni Embung Sikembang.

Embung Sikembang tepatnya berada di Desa Pagergunug, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari pusat Kota Magelang, Embung Sikembang berjarak sekitar 29 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Ini karena Embung Sikembang berada di pinggiran Kabupaten Magelang yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang di sebelah timur dan utaranya.

Embung Sikembang yang dikelilingi pegunungan

Embung Sikembang memang berfungsi untuk sarana pengairan lahan pertanian di sekitarnya, terutama saat musim kemarau. Namun, embung ternyata juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Itu karena panorama indah Embung Sikembang karena lokasinya yang dikelilingi hamparan perbukitan. Tak hanya indah panoramanya, udaranya pun sejuk.

Baca juga: Pendakian Gunung Andong Siap Buka Kembali, Simak Protokol Kesehatannya

Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan panorama indah enam gunung sekaligus. Di sisi selatan, tamlak Gunung Andong yang seolah menjulang tinggi ke angkasa.

Di sebelah tenggara, terlihat pula Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Andong dilihat dari Embung Sikembang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Andong dilihat dari Embung Sikembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.