Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum di London Punya Replika Planet Mars, Seperti Apa?

Kompas.com - 20/02/2021, 11:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comNatural History Museum di London memiliki sebuah replika planet Mars raksasa sebagai penanda kedatangan kendaraan (rover) Perseverance milik NASA baru-baru ini di planet tersebut.

Melansir Lonely Planet, Jumat (19/2/2021), karya seni dengan lebar tujuh meter yang diciptakan seniman Inggris bernama Luke Jerram tersebut digantung di langit-langit Hintze Hall.

Baca juga: Kalahkan London, Bali Jadi Destinasi Terbaik Dunia Versi Tripadvisor

Adapun, Hintze Hall merupakan ruangan yang juga memiliki karya seni dari misi perjalanan NASA sebelumnya.

Replika planet Mars ditaruh di sana sebagai tribut dari mendaratnya Perseverance di planet merah setelah melakukan perjalanan sepanjang tujuh bulan dari Bumi. Selagi berada di Mars, Perseverance akan mencari jejak kehidupan mikroba masa lalu.

Natural History Museum di London, Inggris, merupakan museum sejarah alam yang memiliki 80 juta spesimen dari lima koleksi utama, yaitu botany (tumbuhan), entomology (serangga), mineralogy (mineral), paleontology (fosil hewan dan tumbuhan) serta zoology (hewan).KOMPAS.com/Caroline Damanik Natural History Museum di London, Inggris, merupakan museum sejarah alam yang memiliki 80 juta spesimen dari lima koleksi utama, yaitu botany (tumbuhan), entomology (serangga), mineralogy (mineral), paleontology (fosil hewan dan tumbuhan) serta zoology (hewan).

Baca juga: Panduan Wisata ke Istana Buckingham London

Sementara itu, para ilmuwan dari Natural History Museum bekerja sama dengan NASA dan Badan Antariksa Eropa terkait saran untuk pengumpulan sampel batuan dan tanah planet Mars.

Meski instalasi seni tersebut luar biasa untuk dilihat, saat ini Natural History Museum masih ditutup karena adanya pembatasan Covid-19.

Wisata malam di museum

Natural History Museum merupakan salah satu bangunan terkenal di London, Inggris tepatnya di South Kensington.

Mengutip situs resminya, museum tersebut menawarkan beragam kegiatan wisata yang kerap dilakukan sebelum pandemi Covid-19 dan saat museum masih dibuka untuk umum.

Bagi yang familiar dengan film Night at the Museum, tempat wisata tersebut menawarkan kegiatan Dino Snores for Grown-ups termasuk sarapan.

Replika Tyrannosaurus rex atau T-rex di Dinosaurs Hall di Natural History Museum London, Senin (6/11/2017). Replika ini memberikan sensasi berjumpa dengan T-rex kepada pengunjung.KOMPAS.com/Caroline Damanik Replika Tyrannosaurus rex atau T-rex di Dinosaurs Hall di Natural History Museum London, Senin (6/11/2017). Replika ini memberikan sensasi berjumpa dengan T-rex kepada pengunjung.

Para orang dewasa yang berkunjung dapat bermalam di Hintze Hall sambil menikmati tiga hidangan utama. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan akses ke galeri pilihan dan pameran sementara.

Ada juga workshop tentang satwa, kegiatan mendekorasi penutup mata, pertunjukan sains, serta maraton film monster sepanjang malam.

Baca juga: Warga Inggris Rela Antre demi Mencicip Rendang di Pasar Natal London

Bagi yang ingin menikmati camilan, hal tersebut akan disajikan hingga pukul 00.45 waktu setempat. Semenatara kopi dan teh pukul 21.00-02.30 dan 07.00-09.30 waktu setempat.

Untuk anak-anak, pihak museum menawarkan Dino Snores for Kids, termasuk sarapan. Sembari melihat-lihat koleksi museum ditemani obor, anak-anak juga berkesempatan untuk bermalam di sana.

Bahkan, mereka juga bisa mengikuti workshop membuat kaus bergambar dinosaurus dan pertunjukan edukasi seputar sains.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com