Kompas.com - 20/02/2021, 20:08 WIB
Ilustrasi pesawat - Emirates SkyCargo (dok. Emirates SkyCargo) dok. Emirates SkyCargoIlustrasi pesawat - Emirates SkyCargo (dok. Emirates SkyCargo)

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Emirates melalui Emirates SkyCargo turut berpartisipasi dalam pengiriman vaksin Covid-19, obat-obatan penting, alat kesehatan, dan persediaan penting lainnya untuk membantu memerangi pandemi Covid-19.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Sabtu (20/2/2021), Wakil Presiden Senior Divisi Emirates SkyCargo Nabil Sultan mengatakan, akses yang dimiliki masyarakat terhadap vaksin akan membuat penyebaran Covid-19 terhenti lebih cepat.

Baca juga: Negara Ini Izinkan Turis yang Sudah Vaksin Covid-19 untuk Liburan

“Sebagai pemain global yang terbang ke lebih dari 130 tujuan, Emirates SkyCargo telah berkomitmen memerangi pandemi sejak tahap paling awal,” ungkap Nabil.

Pihaknya telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk mempercepat distribusi vaksin Covid-19 melalui Dubai dan dimulai dengan hub sisi udara khusus bersertifikasi GDP.

Adapun, Emirates SkyCargo mengumumkan pada Oktober 2020 bahwa mereka mendirikan pusat distribusi sisi udara bersertifikasi EU GDP terbesar di dunia yang didedikasikan untuk penyimpanan dan pendistribusian vaksin Covid-19.

Baca juga: Epidemiolog: Setelah Vaksin Jangan Langsung Liburan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan lebih dari 15.000 meter persegi ruang penyimpanan yang tersedia untuk vaksin, Emirates SkyCargo dapat menyimpan vaksin Covid-19 dalam jumlah besar di Dubai.

Sementara itu, mereka menerbangkan jumlah yang lebih kecil secara teratur ke pasar dengan infrastruktur rantai dingin yang terbatas, sehingga mengurangi kebutuhan akan penyimpanan skala besar.

Kerja sama dengan UNICEF

Dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 dan peralatan penting lainnya, Emirates SkyCargo memprioritaskan hal tersebut dan telah menandatangani perjanjian dengan UNICEF.

Adapun, kerja sama tersebut termasuk dalam Humanitarian Airfreight Initiative yang dipelopori UNICEF dalam menyatukan sejumlah mitra yang secara kolektif mampu mendistribusikan persediaan penting ke lebih dari 100 pasar.

Ilustrasi Vaksin Covid-19Shutterstock Ilustrasi Vaksin Covid-19

Inisiatif tersebut mendukung Fasilitas COVAX , upaya global yang memilki tujuan untuk memberikan akses yang adil terutama dalam pendistribusian vaksin Covid-19.

Humanitarian Airfreight Initiative UNICEF juga akan menjadi blueprint dalam kerja sama global untuk menghadapi krisis kesehatan dan kemanusiaan di masa depan.

Baca juga: Ada Vaksin, Kapan Waktu yang Tepat untuk Sambut Turis Asing?

“Melalui kerja sama dengan UNICEF, kami akan mengambil langkah lain untuk memprioritaskan dan memfasilitasi pergerakan cepat dan aman untuk distribusi vaksin Covid-19, terutama untuk masyarakat yang terkena dampak penyakit ini,” tutur Nabil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X