Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2021, 19:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Menjaga anak agar tidak bosan selama pandemi selama ini bisa melalui aktivitas jalan-jalan virtual ke museum atau nonton siaran langsung sebuah acara.

Salah satu kegiatan virtual baru yang bisa jadi pilihan adalah field trip virtual yang ditawarkan oleh salah satu hotel di Chiang Rai, Thailand. Nantinya, anak-anak bisa melihat gajah dari dekat secara virtual.

Seperti dilansir Travel and Leisure, Anantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort di Thailand meluncurkan layanan gratis untuk anak-anak sekolah yang masih harus di rumah saja hingga saat ini.

Layanan gratis tersebut mencakup melihat gajah-gajak melalui panggilan personal, secara langsung di hutan yang jadi habitat natural gajah tersebut.

Baca juga: Ada Kampanye #OpenThailandSafely soal Perjalanan Internasional, Apa Itu?

Resor ini memang terkenal dengan penangkaran gajah mereka yang dibangun untuk “membantu gajah liar dan gajah yang tidak bisa menolong diri mereka sendiri”, berdasarkan pernyataan dari resor tersebut.

Sejauh ini, resor tersebut telah menyelamatkan lebih dari 60 gajah yang 23 di antaranya kini tinggal di lingkungan hutan di sekitar resor bersama seluruh keluarga mereka.

Melalui Golden Triangle Asian Elephant Foundation (GTAEF), resor ini telah membuat para wisatawan terhibur dan terinformasi melalui siaran langsung yang disiarkan dua kali sehari selama pandemi Covid-19.

Gajah di Anantara Golden Triangle Elephant Camp & ResortAnantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort Gajah di Anantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort

Para orangtua kini bisa memesan video call yang memungkinkan anak-anak mereka bisa berpartisipasi secara virtual dalam field trip ke hutan. Membuat mereka merasakan pengalaman sekali seumur hidup berinteraksi secara emosional dengan gajah.

Selama periode video call, anak-anak akan diperkenalkan ke gajah yang akan menemani mereka. Mereka juga bisa bertanya pada para ahli dari GTAEF yang bertugas di sana.

Selanjutnya, dokter hewan atau ahli biologi yang bertugas di sana akan memberikan informasi serta fakta-fakta terkait gajah-gajah ini, sementara mereka berkeliaran dengan bebas di latar belakang.

Baca juga: Thailand Pertimbangkan Izinkan Pendatang yang Sudah Vaksinasi Tak Lakukan Karantina

“Pengalaman yang menghibur dan mendidik ini adalah pengganti sementara berbentuk virtual untuk pembelajaran sekolah melalui paparan alam dan kegiatan berbasis alam,” kata Anantara Hotels, Resorts & Spas Group Director of Sustainability & Conservation John Roberts.

Menurut dia, pembelajaran jarak jauh bisa menjadi sangat menyenangkan dan menginspirasi. Ada harapan juga kegiatan itu akan memunculkan beberapa dokter hewan ahli gajah dalam 10-15 tahun ke depan.

Field trip gratis ini hanya berlangsung di siang hari waktu Thailand. Untuk melakukan reservasi tempat field trip virtual ini, orangtua bisa menghubungi John Roberts melalui email jroberts@anantara.com atau nomor telepon 66 53 784 084.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com