Kompas.com - 11/03/2021, 18:06 WIB
Ilustrasi Denmark - Para pesepeda di Kopenhagen. SHUTTERSTOCKIlustrasi Denmark - Para pesepeda di Kopenhagen.

KOMPAS.com – Beberapa anggota Uni Eropa (UE) siap untuk mengakui paspor vaksin digital dan menerapkan persyaratan lebih ringan bagi pelancong yang telah vaksinasi Covid-19.

Melansir Forbes, Minggu (7/3/2021), hal tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan pariwisata musim panas. Adapun, industri pariwisata menyediakan 27 juta pekerjaan di seluruh Eropa dan menghasilkan sekitar 10 persen dari produk domesti bruto (PDB) UE.

Hal tersebut membuat negara-negara di sana ingin mendorong kembalinya wisatawan musim panas dengan “digital green pass” atau paspor vaksin sebagai skema untuk memfasilitasi perjalanan ke UE.

Baca juga: Uni Eropa akan Luncurkan Paspor Vaksin Digital untuk Pulihkan Sektor Pariwisata

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, dia mendukung proyek sertifikat vaksinasi umum. Sementra itu, WHO tengah mengerjakan sertifikat vaksin internasional.

Baik dalam bentuk digital maupun kertas, paspor vaksin atau bukti vaksinasi akan dikeluarkan oleh negara asal dan memungkinkan pelancong untuk berkeliling Eropa dan datang ke sana dari luar negeri.

Dengan paspor atau bukti vaksin tersebut, para pelancong tidak perlu melakukan tes Covid-19 tambahan atau memasuki karantina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Yunani - Sebuah gereja berkubah biru di Desa Megalochori.SHUTTERSTOCK / PHOTOGRAPHER253 Ilustrasi Yunani - Sebuah gereja berkubah biru di Desa Megalochori.

Nantinya, dokumen tersebut akan menyertakan nama, tanggal lahir, identifikasi sistem kesehatan, jenis dan tanggal dari tes dan vaksin tertentu, tanggal pemberian dua dosis vaksin, termasuk periode imunisasi sesuai dengan instruksi untuk masing-masing vaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X