Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Berkunjung ke Curug Surodipo, Bawa Bekal

Kompas.com - 11/03/2021, 21:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comCurug Surodipo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memiliki medan yang cukup melelahkan bagi wisatawan jika terbiasa trekking.

Ketua Pokdarwis Desa Tawangsari dan salah satu anggota pengelola Obyek Wisata Curug Surodipo bernama Danang SN mengatakan bahwa ada baiknya wisatawan membawa bekal.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Ponorogo, Air Terjun hingga Telaga

“Yang penting persiapan bawa minum. Bawa makanan bisa, asal tidak buang sampah sembarangan. Bungkus dibawa pulang,” tuturnya kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Selain membawa bekal, apa tips lain yang patut diketahui sebelum berkunjung ke Curug Surodipo? Berikut Kompas.com rangkum, Rabu (10/3/2021):

1. Pakai sepatu bersol karet

Untuk menuju ke area air terjun atau perbukitan yang mengelilinginya, medan yang ditempuh wisatawan akan menanjak dan menurun. Jalannya pun bebatuan.

Agar perjalanan makin nyaman, Danang mengimbau pengunjung untuk datang menggunakan sepatu dengan sol karet agar tidak licin.

“Sepatu biasa yang bawahnya ada karet, supaya nyaman pas jalan,” kata dia.

2. Bawa bekal

Danang mengatakan, di gapura menuju Curug Surodipo terdapat warung yang menjual berbagai minuman dan makanan ringan.

Di desa pun ada beberapa warung yang menjual minuman dan makanan ringan. Namun, baik warung atau desa, dia menuturkan bahwa saat ini belum ada yang menjual makanan siap santap.

Baca juga: Air Terjun Sunsa Kompol di Manggarai Barat, Kesegaran di Lereng Gunung Poso Kuwuh

Tempat wisata bernama Curug Surodipo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (dok. Curug Surodipo).dok. Curug Surodipo Tempat wisata bernama Curug Surodipo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (dok. Curug Surodipo).

Selain itu, di kawasan wisata pun tidak ada yang menjual makanan atau minuman. Kalau ada pun hanya saat sedang ramai seperti sebelum pandemi.

Supaya tidak merasa lapar saat berwisata ke sana, pengunjung bisa membawa bekal dari rumah. Namun, jika bekal berada dalam wadah plastik, wadah jangan dibuang sembarangan dan harus dibawa turun.

Bagi wisatawan yang berkunjung ramai-ramai dan ingin menikmati hidangan tradisional, mereka bisa pesan cucur khas Tawangsari ke warga setempat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com