Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Terbaru ke Malang, KA Brawijaya Resmi Beroperasi

Kompas.com - 12/03/2021, 12:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir-Malang pada Rabu (10/3/2021).

Seperti tertera dalam rilis yang diterima Kompas.com, relasi Gambir-Malang dilayani oleh KA Gajayana. Jalur operasional KA Gajayana meliputi beberapa stasiun, di antaranya Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, dan Madiun.

Sementara untuk KA Brawijaya pada operasionalnya tidak melalui Purwokerto-Yogyakarta. Namun akan melalui jalur operasional dengan stasiun Cirebon, Semarang, dan Madiun.

Baca juga: Railfans! KAI Hadirkan Livery Lokomotif Jadul 1953-1991

“Dengan dioperasikannya KA Brawijaya ini diharapkan kebutuhan masyarakat untuk transportasi yang nyaman dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat semakin terakomodir,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.

Jadwal keberangkatan KA Brawijaya yakni pukul 15.40 WIB dari Stasiun Gambir. KA ini terdiri dari delapan kereta Eksekutif dengan total ketersediaan tempat duduk sebanyak 400 kursi.

Di masa pandemi Covid-19, untuk menjalankan protokol kesehatan maka terdapat pembatasan volume penumpang maksimal 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Para penumpang di dalam KA Brawijaya Jakarta-MalangDok. KAI Daop 1 Jakarta Para penumpang di dalam KA Brawijaya Jakarta-Malang

Melalui kebijakan tersebut, maka di masa pandemi ini ketersediaan tempat duduk hanya sebanyak 280 kursi. Pada pengoperasian perdananya, Rabu (10/3/2021), tiket KA Brawijaya sudah terjual 279 tiket.

Seperti KA lainnya yang telah beroperasi sebelumnya, KA Brawijaya telah dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan standard protokol kesehatan yang diterapkan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Harga Tiket dan Jadwal KA Kertanegara Jurusan Purwokerto-Malang PP

Seperti pengaturan tempat duduk yang berjarak, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun.

Selain itu, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

KA Brawijaya juga dilengkapi ruang isolasi sementara di atas KA jika ditemukan penumpang dengan gejala Covid-19. Nantinya penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Petugas di KA Brawijaya juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) sepanjang perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com