Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani akan Buka Kembali Pariwisata Pada Mei 2021

Kompas.com - 14/03/2021, 10:10 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Yunani berencana kembali membuka pariwisata mereka pada Mei 2021 menyambut datangnya musim panas.

Dilansir Reuters, Menteri Pariwisata Yunani Harry Theocharis mengatakan pada Selasa (9/3/2021) bahwa mereka yang telah menerima vaksinasi Covid-19, atau memiliki antibodi Covid, atau punya bukti negatif Covid-19 bisa datang ke Yunani pada musim panas.

Pariwisata memang sumber pendapatan yang sangat besar untuk Yunani. Sebelumnya, negara ini juga sempat meminta adanya sertifikat vaksinasi untuk Uni Eropa sebagai salah satu cara membuka kembali pergerakan pariwisata.

Baca juga: Yunani Desak Uni Eropa Bikin Sertifikat Vaksin untuk Wisata

Industri pariwisata menyumbang sekitar seperlima dari ekonomi Yunani dan mempekerjakan satu dari lima pekerja. Adanya pandemi Covid-19 tentu saja menurunkan jumlah kedatangan wisatawan pada tahun 2020 lalu.

Yunani berharap untuk memulai kembali musim panas yang sangat penting ini pada pertengahan bulan Mei 2021, ujar Theocharis saat berpidato di pameran dagang ITB Berlin dari Museum Acropolis Athena.

“Yunani sudah siap dengan protokol yang lengkap untuk musim panas 2021. Wisatawan akan bisa datang jika mereka telah divaksin, atau memiliki antibodi, atau memiliki bukti tes negatif. Semua wisatawan mungkin akan mendapatkan random testing,” jelas Theocharis.

Ilustrasi Yunani - Pantai Perissa di Pulau Santorini.SHUTTERSTOCK / VERVERIDIS VASILIS Ilustrasi Yunani - Pantai Perissa di Pulau Santorini.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan bahwa otoritas akan memprioritaskan vaksinasi orang-orang yang bekerja di sektor pariwisata setelah sebagian besar masyarakat yang rawan telah mendapatkan vaksinasi.

Otoritas juga mewajibkan adanya tes Covid-19 untuk pekerja yang dilakukan secara rutin.

Yunani telah menerapkan lockdown di beberapa bagian negara untuk mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19, Khususnya setelah adanya lonjakan infeksi baru yang menambah tekanan pada sistem kesehatan mereka.

Sejak pandemi dimulai, telah ada lebih dari 217.000 kasus dengan sekitar 6.900 angka kematian di Yunani.

Baca juga: Kapan Turis Indonesia Bisa Liburan ke Yunani?

Seperti dilansir Travel and Leisure, Yunani berharap bisa benar-benar menyambut kembali para pelancong pada 14 Mei 2021.

Hanya beberapa hari sebelum Inggris yang menetapkan tanggal 17 Mei 2021 untuk membuka kembali akses masyarakat kembali bepergian secara internasional.

Inggris merupakan negara kedua setelah Jerman yang jadi penyumbang terbesar wisatawan ke Yunani. Sebelum pandemi, Yunani biasanya menerima lebih dari 30 juta kunjungan internasional per tahunnya.

Tahun 2021 ini, Yunani berharap bisa mencapai sekitar 50 persen dari jumlah tersebut, seperti dilaporkan The Guardian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com