Kompas.com - 15/03/2021, 16:04 WIB
Pengunjung memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/3/2021). Libur Isra Miraj 2021 kawasan Malioboro yang merupakan destinasi wisata andalan di Yogyakarta padat pengunjung. ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKOPengunjung memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/3/2021). Libur Isra Miraj 2021 kawasan Malioboro yang merupakan destinasi wisata andalan di Yogyakarta padat pengunjung.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang Isra Miraj pada Kamis (11/3/2021) dan disambung libur Hari Raya Nyepi pada Minggu (14/3/2021), kunjungan wisatawan di  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat drastis.

Tercatat pada Hari Minggu (14/3/2021), jumlah wisatawan yang datang mencapai lebih dari 31.000 orang.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, kenaikan wisatawan sudah dirasakan sejak Kamis. Pada libur Isra Miraj itu, jumlah wisatawan melonjak lebih dari 27.000 orang.

"Yang saya pantau di aplikasi visiting jogja, ada kenaikan. Hari Isra Miraj itu tanggal 11 itu 27.000 lebih, kemudian pada Minggu kemarin, 31.000 lebih," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Kunjungan Wisata ke DIY Diharapkan Naik Setelah Pelaku Wisata Divaksinasi

Sebelum libur panjang Isra Miraj dan Hari Raya Nyepi, kunjungan wisatawan di DIY hanya di angka 3.000-7.000 orang saja.

"Jadi Minggu kemarin kunjungan paling lama sepanjang tahun 2021," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampak positif vaksinasi Covid-19

Singgih menduga kenaikan wisatawan di DIY itu dikarenakan munculnya rasa percaya diri wisatawan lantaran banyak orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19.

"Kemudian dari sisi mereka (wisatawan) sudah terlalu lama di rumah, perlu refreshing," ujar dia.

Singgih melanjutkan bahwa masyarakat sekarang sudah mulai terbiasa menerapkan protokol kesehatan.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Adapun, kawasan pantai di DIY masih menjadi primadona wisatawan saat berkunjung di DIY. Ditambah lagi, rekomendasi tempat wisata di tengah pandemi sekarang adalah outdoor atau di luar ruangan.

"Wisata di outdoor, termasuk pantai dan pegunungan, perlu didorong karena risiko penyebaran kecil," tutur dia.

Lalu domisili wisatawan terbanyak datang dari Jatim dan Jateng. Wisatawan dengan jarak dekat, seperti dari Jateng mereka banyak memilih tidak menginap.

Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang, Tempat Wisata Yogyakarta Tetap Buka

"Kalau jarak dekat rata-rata berangkat pagi pulang sore. Laporan PHRI selama liburan Isra Miraj dan Nyepi ada peningkatan lumayan bagus," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.