Kompas.com - 15/03/2021, 17:05 WIB


KOMPAS.com – Ada sebuah kafe baru yang terletak di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Namanya unik, DeSeloKaton. Nama DeSeloKaton sendiri terinspirasi dari lokasi kafe ini yang seakan berada di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

“Ada dua arti sih sebenarnya, selo itu ‘batu’ atau selo itu ‘di antara’ kayak celah gitu. Kita kan di antara, sela-sela. Sela-sela Merapi sama Merbabu,” kata pemilik DeSeloKaton bernama Taufiq saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Embung Manajar di Boyolali yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

Selo juga merupakan nama kecamatan tempat kafe ini berada. Sementara kata ‘katon’ pada DeSeloKaton memiliki arti ‘terlihat’ dalam bahasa Jawa.

Pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi

Kafe yang baru saja melakukan soft opening awal Maret 2021 ini mengusung konsep industrialis dengan bangunan dua lantai sederhana dan dindingnya dipenuhi kaca dari lantai hingga langit-langit.

Taufiq sengaja memilih lokasi di Jalan Raya Blabak-Boyolali ini selain ramai, pemandangan alamnya juga indah. Termasuk Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang jadi latar belakang, ditambah persawahan milik warga yang mengapit kafe ini di sekelilingnya.

“Bisa melihat Merpapi dan Merbabu secara langsung. Agak ke barat sedikit, waktu sunset itu bisa kelihatan (Gunung) Sindoro Sumbing,” terang Taufiq.

Momen matahari terbenam memang jadi salah satu waktu terbaik untuk datang ke kafe ini. Sementara momen matahari terbit, sayangnya tak bisa terlihat indah dari sini.

Momen yang juga sama bagusnya adalah di pagi hari, dengan cahaya matahari yang datang menembus dinding kaca hingga ke bagian dalam kafe.

Konsep DeSeloKaton

Biasanya, para pengunjung memanfaatkan indahnya pemandangan serta keunikan interior dan bangunan dari kafe ini untuk berfoto ria.

“Dari konstruksi bangunannya juga kita kan ambil yang kayak modern minimalis gitu. Interiornya juga kita manfaatkan barang-barang bekas yang sudah enggak kepakai itu kita daur ulang, gunakan lagi,” ujar Taufiq.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.