Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2021, 19:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – DeSeloKaton merupakan kafe baru yang terletak di Jalan Blabak-Boyolali, Dusun IV Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kafe ini mengusung konsep industrialis dengan bangunan minimalis yang menawarkan pemandangan indah alam Boyolali, berlatar Gunung Merapi dan Merbabu.

Baca juga: Embung Manajar di Boyolali yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

“Di sini benar-benar di depan Gunung Merapi ya. Jadi sambil menikmati kopi dan makanan yang ada, sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Sampingnya juga masih sawah,” kata pemilik kafe DeSeloKaton bernama Taufiq pada Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Menu di DeSeloKaton

DeSeloKaton punya jam operasional Senin–Jumat pukul 09.00–20.00 WIB dan Sabtu–Minggu pukul 09.00–21.00 WIB.

Terkait menu yang bisa kamu temukan di sana, Taufiq mengatakan bahwa tersedia berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari western, tradisional Indonesia, hingga chinese food. Satu yang pasti, harga makanan dan minumannya sangat terjangkau.

“Konsep dari awal itu kita biar terjangkau, semua kalangan bisa masuk dan menikmati. Dengan harga yang sederhana, tapi bisa menikmati semua fasilitas yang ada,” ujar Taufiq.

Salah satu pilihan makanan di kafe DeSeloKaton di BoyolaliDok. DeSeloKaton Salah satu pilihan makanan di kafe DeSeloKaton di Boyolali

Harga makanan dan minuman di DeSeloKaton memang cukup terjangkau. Berkisar mulai dari Rp 15.000–Rp 80.000 untuk makanan. Untuk minuman, harganya Rp 6.000–Rp 25.000.

Salah satu menu yang paling banyak dipesan para pengunjung adalah varian steak, seperti sirloin steak, tenderloin steak, chicken steak, dan wagyu rib eye steak.

“Kalau ciri khas sini sebenarnya ada iga sih. Iganya itu kita kasih rempah rempah, dibakar. Uniknya di bumbunya, sensasinya,” tambah Taufiq.

Selain sajian signature dan favorit tersebut, beberapa minuman yang bisa kamu temukan di DeSeloKaton di antaranya adalah teh artisan, seperti teh telah dan teh daun kelor, aneka kopi, es gosrek, mikshake, smoothies, squash, dan mocktail.

Baca juga: Montana del Cafe di Bangli, Nikmati Sensasi Ngopi Seperti di Atas Awan

Sementara pilihan makanannya di antaranya ada tempe mendoan, pisang bakar, burger, salad tuna, sop buntut, nasi goreng rempah, mie godog gobyos, spagheti, dan aneka pizza.

Untuk saat ini, ada 60-70 tempat duduk yang tersedia setiap harinya. Masih belum terlalu banyak karena tempatnya yang masih terbatas.

DeSeloKaton memiliki sebuah bangunan dari kaca dengan dua lantai. Biasanya kafe ini sangat ramai pada akhir pekan. Namun, hingga kini Taufiq mengaku belum bisa menerima reservasi. Setiap pengunjung harus datang langsung untuk mendapatkan tempat duduk.

Sajian iga yang jadi ciri khas kafe DeSeloKaton di BoyolaliDok. DeSeloKaton Sajian iga yang jadi ciri khas kafe DeSeloKaton di Boyolali

Salah satu alasannya, ia merasa kasihan jika banyak yang datang dan belum melakukan reservasi, tapi tak mendapat tempat duduk karena terlanjur habis oleh mereka yang melakukan reservasi.

Namun jika ada yang ingin memesan kafe untuk melakukan acara, sudah bisa. Acara yang bisa dilakukan di sana mungkin adalah acara kecil-kecilan, seperti pesta ulang tahun, atau gathering club.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com