Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Wisata di OJ Organic Farm Bogor, Piknik Privat Sampai Petik Sayur

Kompas.com - 16/03/2021, 12:41 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Tren organic farm yang sekaligus untuk tempat agrowisata beberapa waktu belakangan makin menjamur di Indonesia. Cukup banyak perkebunan organik yang menawarkan paket aktivitas wisata menyenangkan di alam terbuka.

Salah satunya adalah OJ Organic Farm. Perkebunan organik di Cimande, Bogor, Jawa Barat ini menawarkan aktivitas piknik privat di tengah kebun sayuran dan buah-buahan organik.

“Saya sendiri awalnya mulai dari rooftop garden. Kemudian saya juga ikut akun-akun kayak kalau di Facebook dan Instagram itu tadinya ada Humans to Grow Food. Nah terinspirasi dari akun akun itu, saya kemudian coba cari juga lahan,” kata pemilik OJ Organic Farm bernama Rika kepada Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Ia bercerita bahwa selama masa pandemi, dirinya dan kedua anaknya sering datang ke sana. Tak disangka, banyak teman-teman Rika yang tertarik berkunjung karena melihat unggahannya di media sosial.

Baca juga: OJ Organic Farm Bogor, Piknik Privat di Tengah Sejuk Udara Pegunungan

Salah satu alasannya adalah, banyak keluarga yang memiliki anak balita hingga 12 tahun yang terpaksa terkurung di rumah akibat pandemi. Mereka kemudian banyak mencari tempat-tempat wisata berbasis alam yang dinilai aman untuk liburan keluarga.

“Akhirnya saya putuskan, 'oh mungkin ide bagus juga kali ya buka private piknik'. Jadi anak-anak juga ada bisa keluar, main, tanpa takut harus bertemu banyak orang. Tanpa harus crowded. Jadi akhirnya dari situ kita buka OJ sebagai agrotourism organic,” jelas Rika.

Berikut ini beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di lahan seluas 1,3 hektar ini:

1. Piknik privat

OJ Organic Farm menawarkan aktivitas piknik privat untuk keluarga. Disebut privat karena Rika hanya akan menerima satu kunjungan per hari.

“Satu rombongan yang basically. Misalnya mau janjian sama teman-temannya, ada tiga keluarga, ya kita hanya bisa terima satu rombongan itu saja sehari,” tutur Rika.

Paket minimal untuk piknik privat ini adalah Rp 500.000. Harga tersebut berlaku untuk maksimal tiga orang dewasa. Sementara pengunjung anak-anak di bawah usia 12 tahun gratis dan tidak ditentukan jumlah maksimalnya.

“Misalnya bisa datang tiga dewasa plus anak-anak empat orang itu bayarnya tetap Rp 500.000,” imbuh Rika.

Piknik privat di OJ Organic FarmDok. Instagram @ojorganicfarm Piknik privat di OJ Organic Farm

Namun, jumlah makanan yang disediakan untuk harga tersebut biasanya cukup untuk tiga orang dewasa dan dua orang anak saja.

Jika dirasa jumlah makanan akan kurang karena orang yang datang juga banyak, maka bisa juga menambah pax dengan harga per pax Rp 150.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com