Kompas.com - 17/03/2021, 08:08 WIB
Balkondes Karangrejo, Borobudur. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABalkondes Karangrejo, Borobudur.

KOMPAS.com – Desa Wisata Karangrejo merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Karangrejo juga menjadi salah satu desa yang berhasil mendapatkan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) awal Maret 2021.

“Alhamdulilah cuman 13 desa se-Indonesia yang mengikuti (sertifikasi) itu. Dalam artian, selama ini pariwisata yang ada di Karangrejo itu ada peningkatan secara kualitas dan lain-lain, makanya disebut desa wisata berkelanjutan,” kata Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Menurut Heli, tempat dan aktivitas wisata di Desa Karangrejo memang mengalami peningkatan dalam segi kualitas. Masyarakat setempat juga berhasil menunjukkan beberapa inovasi yang bisa menunjang tempat-tempat wisata dengan lebih baik lagi.

Baca juga: Sandiaga: Salah Satu Homestay Berkelas Dunia Terbaik Indonesia Ada di Magelang

Salah satunya adalah pengembangan aktivitas wisata di Punthuk Setumbu. Sebelumnya, tempat tersebut hanyalah spot untuk menikmati momen sunrise saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masyarakat Karangrejo kemudian berinisiatif untuk menambahkan beberapa spot foto Instagramable di sekitar tempat wisata tersebut.

Aktivitas wisata di Desa Karangrejo

Desa Karangrejo memang memiliki beragam aktivitas wisata yang semuanya dikelola bersama antara masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Hampir semua (aktivitas wisata) di bawah pengelolaan Bumdes dan Pokdarwis. Ada yang bikin paket sendiri tapi pelaksanaanya akan melibatkan semua. Keunggulan kami di kebersaman masyarakat, sangat kompak dalam persatuan,” jelas Heli.

Mengamati matahari terbit di Punthuk Setumbu dengan latar candi Borobudur tertutup kabut.https://pesona.travel Mengamati matahari terbit di Punthuk Setumbu dengan latar candi Borobudur tertutup kabut.

Desa seluas 174 hektar ini memiliki beberapa tempat wisata. Selain Punthuk Setumbu, ada pula Gereja Ayam atau Bukit Rhema yang jadi tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Ada pula Kebun Buah Karangrejo, Balkondes, serta Bukit Barede.

Tak hanya spot wisata, desa ini juga menawarkan paket-paket wisata berkeliling desa, termasuk ke tempat-tempat wisata tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X