Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Wisata ke Desa Karangrejo Borobudur

Kompas.com - 17/03/2021, 09:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebelum berwisata ke Desa Wisata Karangrejo yang terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk membuat momen liburanmu semakin nyaman dan berkesan.

Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun membagikan beberapa tips wisata tersebut seperti berikut ini:

1. Menginap di homestay

Hal pertama adalah menginap di homestay yang ada di sekitar Desa Karangrejo. Desa ini memiliki lebih dari 22 unit homestay yang tersebar di seluruh desa.

“Paling tidak mereka bisa datang di sore hari terus menginap di tempat kami,” kata Heli ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Homestay di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Borobudur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Homestay di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Borobudur.

Homestay yang ada di Desa Karangrejo, tepatnya di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) bahkan disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai salah satu yang terbaik dengan standar kelas dunia.

Balkondes Karangrejo memiliki 20 unit homestay, dua unit lagi ada di dekat kantor desa, dan banyak lagi homestay yang dikelola mandiri oleh warga desa. Harganya terjangkau, sekitar Rp 150.000–Rp 300.000 untuk unit yang dikelola masyarakat.

Baca juga: Sandiaga: Salah Satu Homestay Berkelas Dunia Terbaik Indonesia Ada di Magelang

Lalu unit di dekat kantor desa tarifnya Rp 350.000 per malam. Sementara yang ada di Balkondes berkisar Rp 500.000–Rp 1,5 juta per malam.

Fasilitasnya tak kalah dengan hotel berbintang dengan bentuk penginapan unik karena memadukan konsep modern dan tradisional. Selain itu, pemandangan bentang alam indah khas pedesaan juga bisa membuat tamu merasa lebih santai.

Dengan menginap di homestay, kamu bisa membantu ekonomi masyarakat dan desa, serta punya waktu yang lebih banyak untuk menikmati keindahan Desa Karangrejo.

2. Manfaatkan paket wisata

“Terus bekomunikasi dengan pelaku-pelaku pariwisata desa untuk dipandu ke objek wisata yang ada di desa kami,” tambah Heli.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Karangrejo memang menawarkan banyak sekali paket wisata.

Kamu bisa memilih paket wisata sesuai keinginanmu. Ada paket wisata yang akan mengajak wisatawan mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar Desa Karangrejo. Harganya berkisar mulai dari Rp 250.000–Rp 450.000 per pax.

Bukit Doa Rhema atau dikenal pula Dove Hill, Gereja Ayam, atau Gereja Burung, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Bukit Doa Rhema atau dikenal pula Dove Hill, Gereja Ayam, atau Gereja Burung, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

“Kami punya beberapa objek wisata. Salah satunya adalah Punthuk Setumbu, Gereja Ayam atau Bukit Rhema, Bukit Barede, Kebun Buah Karangrejo, dan Balkondes,” imbuh Heli.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com