Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Aktivitas Wisata Menarik di Desa Wisata Karangrejo, Borobudur

Kompas.com - 18/03/2021, 09:26 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Karangrejo adalah salah satu desa wisata yang sudah bersertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan yang ada di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Desa wisata yang satu ini terletak tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar dua sampai tiga kilometer (km).

“Kami punya namanya Dolan Desa Karangrejo itu menjual paket-paket. Mereka para wisatawan diajak untuk bercocok tanam, membajak sawah, menanam padi, atau sambil apa punlah yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat desa,” kata Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Homestay di Balkondes Karangrejo, Borobudur Disebut Sandiaga Terbaik di Dunia, Seperti Apa?

Desa Karangrejo melalui Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memang menawarkan beragam aktivitas wisata yang sangat menarik.

Berikut ini delapan aktivitas wisata di Desa Karangrejo seperti dirangkum Kompas.com:

1. Menginap di homestay kelas dunia

Desa Karangrejo punya lebih dari 22 homestay yang tersebar di semua desa. Sebanyak 20 homestay terletak di Balkondes Karangrejo, dua homestay di dekat kantor desa, dan sisanya tersebar di rumah-rumah warga.

Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa TengahKompas.com/Anggara Wikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Menginap di homestay Desa Karangrejo tak kalah nyaman dengan hotel berbintang. Fasilitasnya lengkap dengan bentuk penginapan yang unik karena memadukan konsep modern tradisional.

Selain itu, pemandangan bentang alam indah khas pedesaan juga bisa membuat tamu merasa lebih santai. Harga menginap di sana berkisar antara Rp 150.000–Rp 1,5 juta per malam.

Homestay di Balkondes Karangrejo ini bahkan sempat disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai salah satu yang terbaik berkelas dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com