Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Wisata dan Rute Menuju ke Desa Wisata Karangrejo

Kompas.com - 18/03/2021, 10:10 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Karangrejo adalah salah satu desa wisata berkelanjutan di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Desa wisata ini terletak dekat sekali dengan  Candi Borobudur.

Desa Karangrejo menawarkan banyak sekali aktivitas wisata menarik, mulai dari paket wisata keliling desa, susur sungai naik jeep, hingga kunjungan ke tempat wisata dan tempat produksi hasil kerajinan masyarakat.

Salah satu yang paling unggulan adalah menginap di homestay di Balkondes (Balai Ekonomi Desa). Desa Karangrejo punya lebih dari 22 homestay  di seluruh desa. 20 di antaranya ada di Balkondes Karangrejo.

Tarif menginap di homestay Desa Karangrejo berkisar antara Rp 150.000–Rp 1,5 juta per malam. Menginap di sana tak kalah nyaman dengan hotel berbintang.

Baca juga: 8 Aktivitas Wisata Menarik di Desa Wisata Karangrejo, Borobudur

Fasilitasnya lengkap, dengan bentuk penginapan yang unik karena memadukan konsep modern tradisional.

Sementara untuk paket keliling tempat wisata yang ada di Desa Karangrejo harganya bermacam-macam. Tergantung berapa tempat yang mau dikunjungi, kegiatan yang mau dilakukan, kendaraan yang digunakan, dan durasi perjalanan.

“Kami punya beberapa objek wisata. Salah satunya adalah Punthuk Setumbu, Gereja Ayam atau Bukit Rhema, Bukit Barede, Kebun Buah Karangrejo, dan Balkondes,” ujar Kepala Desa Karangrejo M. Heli Rofikun ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Bukit Doa Rhema atau dikenal pula Dove Hill, Gereja Ayam, atau Gereja Burung, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Bukit Doa Rhema atau dikenal pula Dove Hill, Gereja Ayam, atau Gereja Burung, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Harga paketnya berkisar antara Rp 125.000–Rp 900.000. Ada paket keliling dengan mobil jeep, mobil VW safari, andong, dan sepeda onthel.

Tak itu saja, ada pula paket wisata rafting di sungai dengan harga Rp 750.000 per perahu. Serta wisata outbound dengan harga Rp 100.000 per pax dengan minimal 30 pax.

Rute menuju ke Desa Karangrejo

Desa Karangrejo terletak tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar dua-tiga kilometer (km) saja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit.

Dari Pintu Satu Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, kamu bisa mengambil arah kanan menyusuri Jalan Badrawati. Susuri jalan tersebut hingga melewati MTs Negeri 1 Magelang.

Kemudian di perempatan, belok kanan ke Jalan Borobudur-Ngadiharjo. Terus melewati Borobudur View dan Svargabumi Borobudur. Terus ikuti jalan tersebut, dan kamu akan dengan mudahnya sampai ke Desa Karangrejo.

Baca juga: Homestay di Balkondes Karangrejo, Borobudur Disebut Sandiaga Terbaik di Dunia, Seperti Apa?

Kantor Kepala Desa Karangrejo ada di sebelah kanan jalan. Belok ke kanan, lalu susuri jalan sekitar 800 meter, maka kamu akan menemukan Balkondes Karangrejo dengan mudah.

Menurut Heli, rute jalan dari Candi Borobudur ke Desa Karangrejo relatif mudah dilalui mobil apa pun. Meski begitu, masih sedikit sempit untuk mobil yang agak besar.

“Kebetulan di tempat kami ada pembangunan berkaitan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kebetulan semua jalan sudah bagus,” pungkas Heli.

Tak perlu khawatir, jika menginap di homestay Balkondes Karangrejo juga sudah tersedia area parkir yang cukup luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com