Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP 2021, Tempat Wisata di Lombok Tengah Makin Dikembangkan

Kompas.com - 19/03/2021, 09:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Belakangan ini, Lombok Tengah, khususnya kawasan wisata Mandalika selalu jadi perbincangan di tengah masyarakat karena akan dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP pada Oktober 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi mengatakan, selain pengembangan sirkuit Mandalika, tempat wisata di Mandalika dan area sekitarnya pun akan dikembangkan.

Baca juga: Acara yang Siap Digelar di NTB Tahun 2021, Ada MotoGP dan LEtape

“Ada tiga desa wisata yang sudah sertiikasi CHSE. Desa wisata lain juga akan dikembangkan sebagai destinasi penunjang kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika,” tutur dia kepada Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

Adapun, tiga desa wisata tersebut yang masuk dalam kategori wisata budaya adalah Desa Wisata Mertak, Desa Wisata Sade, dan Desa Wisata Bilebante.

Sementara tiga desa wisata tersebut telah memiliki sertifikasi CHSE, beberapa desa dari total 61 desa wisata di Lombok Tengah saat ini sudah memiliki progres yang baik dan memenuhi standar.

Pengembangan selain desa wisata

Selain wisata budaya di desa wisata, Lombok Tengah menawarkan beberapa pilihan wisata lainnya, seperti wisata laut, budaya, alam, gunung, dan wisata buatan.

Adapun, sejumlah tempat wisata yang masuk dalam kategori pilihan tempat wisata tersebut juga akan makin dikembangkan agar siap menerima wisatawan saat MotoGP berlangsung.

Tempat wisata bernama Air Terjun Gunung Janggot di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (dok. GoMandalika.com | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah)dok. GoMandalika.com | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah Tempat wisata bernama Air Terjun Gunung Janggot di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (dok. GoMandalika.com | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah)

Beberapa tempat wisata yang akan semakin dikembangkan Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk. Ada juga Pantai Awang, Pantai Mawi, Pantai Tunak di Taman Wisata Alam Gunung Tunak, dan Pantai Seger.

Baca juga: Apa Itu Susu Kuda Liar NTB? Dari Proses Pengolahan sampai Khasiat

“Wisatawan sering berkunjung ke semua pantai, mereka suka semuanya. Tapi sentral (yang paling ramai) di Pantai Kuta di KEK Mandalika,” ungkap Lendek.

Selain kawasan pantai, tempat wisata yang akan siap menerima pengunjung adalah Air Terjun Gunung Janggot, Air Terjun Benang Kelambu, Wisata Religi Desa Jango, dan Tereng Kuning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com