Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Berkunjung ke Sukasantai Farmstay di Sukabumi

Kompas.com - 21/03/2021, 16:28 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Sebelum liburan di Sukasantai Farmstay yang ada di Desa Sukamaju, Sukabumi, Jawa Barat, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu simak agar momen liburanmu makin nyaman dan berkesan.

"Kami membuat tempat ini untuk orang-orang yang mencari tempat untuk mencari santai dan berdiam sejenak dan menikmati suasana pertanian dan alam," kata pemilik Sukasantai Farmstay saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

1. Bawa baju hangat tebal

“Mungkin bawa baju hangat, seperti sweater, kaus kaki. Karena daerah kita (suhu) malamnya bisa sampai 16 derajat celsius. Jadi kita tidak pakai AC, sudah alami dinginnya,” kata dia.

Baca juga: Sukasantai Farmstay, Nginap di Tengah Kebun Organik dengan Pemandangan Gunung Gede

Meski dingin, di sana tak ada pemanas, sehingga kamu harus membawa baju hangat yang agak tebal agar tetap nyaman. Selain jaket tebal, sebaiknya gunakan pakaian dengan lengan panjang dan tentu saja celana panjang.

2. Pakai alas kaki yang nyaman

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman. Pasalnya, kamu akan beraktivitas di area perkebunan.

Misalnya, sepatu boots atau sepatu dan sandal yang cocok dan tidak akan licin jika digunakan di medan outdoor. Sandal gunung juga pas dipakai agar tetap nyaman dan aman saat berjalan di medan tanah.

3. Bawa obat-obatan pribadi

Udara dingin dan alam terbuka mungkin membuatmu alergi. Sebaiknya bawa obat untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba timbul alergi atau anak-anak sakit saat sedang berada di sana.

4. Pakai topi dan kacamata hitam

Mengantisipasi cuaca panas terik di siang hari, ada baiknya jika kamu memakai topi dan kacamata hitam agar tetap nyaman saat berjalan di perkebunan.

Baca juga: 8 Aktivitas Wisata di Sukasantai Farmstay, Petik Sayur hingga Mancing

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau mudah terbakar matahari, bisa juga menggunakan sunblock.

5. Jangan takut kotor

Untuk anak-anak, ajak mereka beraktivitas di kebun, di antaranya menyemai benih, memanen hasil kebun seperti sayur dan buah, dan bermain bersama hewan ternak untuk sensasi liburan yang jauh berbeda dari kehidupan di kota.

Salah satu sapi di Sukasantai FarmstayDok. Sukasantai Farmstay Salah satu sapi di Sukasantai Farmstay

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com