Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 06:06 WIB
Citra Fany Samparaya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, wisata Negeri di Atas Awan di Toraja Utara sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Toraja.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam pembukaan Bandara Toraja di Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021).

Wisata Negeri di Atas Awan atau lebih dikenal dengan Lolai juga pernah dikunjungi almarhum ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo tahun 2016.

Tongkonan Lempe merupakan wisata pertama yang berdiri di Lolai pada 2015 dan menjadi daya tarik wisatawan. Lokasinya berada 11 kilometer (km) dari pusat kota Rantepao.

Baca juga: Resmikan Bandara Toraja, Jokowi Yakin Wisata Tana Toraja Berkembang

Setelah eksis, tempat wisata lainnya juga bermunculan di area Lolai, yaitu To'Tombi dan Pongtorra.

Awal mula wisata Tongkonan Lempe

Wisata Tongkonan Lempe ini merupakan rumah adat warga setempat yang kemudian mulai dieksplor menjadi spot foto oleh beberapa fotografer dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Toraja, Palu dan Makassar.

Salah satunya adalah Abun Pasanggang yang juga menjadi pengelola Tongkonan Lempe saat ini. Abun Pasanggang bercerita kepada Kompas.com,  Selasa (16/3/2021) bahwa kunjungan mereka saat itu untuk hunting foto upacara Ma’Nene tahun 2014.

"Dulu kami hunting ma'nene tahun 2014, kebetulan rumah teman yang ditempati ada di Lolai. Pagi-pagi waktu kami lihat, kok ada bangunan di situ? Lalu kami diajak ke sana subuh-subuh dan bagus sekali dan dulunya ini masih banyak pohon-pohon," kata Abun.

Pengunjung terlihat sedang berada di salah satu spot foto di Tongkonan Lempe, Lolai, Toraja UtaraDok. Abun Pasanggang Pengunjung terlihat sedang berada di salah satu spot foto di Tongkonan Lempe, Lolai, Toraja Utara

Sejak kunjungan pertama tersebut, Abun mulai intens berkunjung bahkan menginap selama beberapa hari untuk memperhatikan dan mempelajari kondisi awan sebelum ia memperkenalkan wisata ini ke orang banyak.

Masyarakat setempat kemudian mulai bertanya kepada dia soal potensi Lolai untuk menjadi tempat wisata.

"Dulu cuma sewakan tenda saja awal-awal. Lalu mulai dibangun fasilitas lainya karena kasihan pengunjung yang datang saat itu," jelas Abun.

Baca juga: Hutan Bambu nan Instagramable di Toraja Utara

Setelah mempelajari kondisi awan dan mengenalkan Tongkonan Lempe, wisata Lolai ini kemudian mulai booming dan banyak diliput media tahun 2015.

Berwisata ke Tongkonan Lempe

Waktu tempuh menuju Tongkonan Lempe adalah sekitar 20 menit dengan motor dan 40 menit naik mobil jika jalanan tidak macet. Tarif masuknya hanya Rp 15.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com