Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Saat Berwisata di Tongkonan Lempe

Kompas.com - 22/03/2021, 08:08 WIB
Citra Fany Samparaya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ketika mengunjungi suatu tempat wisata, pelajari lebih dahulu seputar tempat yang akan didatangi agar kunjungan makin maksimal.

Hal itu juga wajib dilakukan sebelum datang berlibur ke Tongkonan Lempe di Lolai, Toraja Utara. Berikut ini 5 tips berwisata ke sana.

1. Perhatikan cuaca dan waktu kunjung

Cuaca dan waktu kunjung adalah hal wajib yang perlu kamu perhatikan sebelum datang berkunjung ke Tongkonan Lempe.

Pemandangan Tongkonan Lempe terlihat dari atasDOK. Abun Pasanggang Pemandangan Tongkonan Lempe terlihat dari atas
Salah satu pengelola Tongkonan Lempe, Abun Pasanggang menyarankan pengunjungnya untuk datang pukul 04.00 WIT untuk dapat melihat pemandangan matahari terbit diantara pemandangan alam yang diselimuti awan.

Baca juga: Resmikan Bandara Toraja, Jokowi Yakin Wisata Tana Toraja Berkembang

"Kalau datang dan belum ada matahari bisa sambil minum kopi Toraja. Tempat seperti ini cocok sekali," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Pastikan pula berkunjung ke sini, malam atau subuh saat anda pergi tidak hujan, sehingga anda tidak kecewa. Sebab jika hujan datang, awan akan digantikan dengan kabut.

2. pastikan kondisi kendaraan prima

Walaupun jalan di wisata sudah diaspal dan dicor, pengunjung tetap harus berhati-hati saat jalan menanjak. Saat hujan, jalan akan lebih licin.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kondisi kendaraan sebelum naik, seperti rem, lampu kendaraan, dan bahan bakar. Jika merasa kendaraanmu aman, kamu bisa langsung menuju tempat ini. Jangan lupa pakai helm dan bawa surat kendaraan yang diperlukan.

3. Siapkan uang tunai

Uang tunai menjadi faktor penting untuk selalu dibawa saat bepergian. Ketika hendak ke sini, pastikan kamu membawa uang tunai yang pas atau lebih karena di tempat wisata ini kamu tidak dapat mengakses mesin ATM.

Ilustrasi uang/ upah minimum UMK UMPKOMPAS.com/NURWAHIDAH Ilustrasi uang/ upah minimum UMK UMP

Kamu perlu menyiapkan uang masuk Rp 15.000 dan jika ingin memarkirkan kendaraan bisa menyiapkan uang Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Pakai baju Hangat

Berkunjung ke tempat yang dingin atau di atas gunung, tentunya pakaian sangat penting untuk kamu persiapkan demi kenyamanan berlibur.

Ilustrasi pakaian hangat untuk hadapi suhu dingin.Shutterstock Ilustrasi pakaian hangat untuk hadapi suhu dingin.

Pakai pakaian hangat, seperti jaket, celana jeans, dan kupluk. Jika ingin berfoto, kamu bisa bawa baju ganti dan menggunakannya saat udara mulai hangat.

5. Patuhi protokol kesehatan

Di masa pandemi seperti ini jika ingin pergi berlibur, kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Palopo, Sulawesi Selatan, Air Terjun Sampai Pantai

“Kami tetap penuhi protokol kesetan yah, pengunjung harus pakai masker. Kami juga sediakan beberapa tempat cuci tangan di sudut-sudah tempat yang terlihat,” kata Abun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com