Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Islandia Izinkan Turis yang Sudah Divaksin Tidak Jalani Karantina

Kompas.com - 22/03/2021, 15:03 WIB
Citra Fany Samparaya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Pemerintah Islandia mengumumkan akan mengizinkan semua pengunjung yang telah divaksin Covid-19 melakukan perjalanan ke negaranya tanpa karantina, termasuk Amerika Serikat.

Keputusan itu menjadikan Islandia sebagai negara pertama di kawasan Schengen yang menerapkan pembebasan karantina bagi pengunjung yang telah divaksin saat masuk ke negara ini dilansir dari Lonely Planet.

Sebelumnya, keputusan itu hanya berlaku bagi mereka yang berada di European Economic Area (EEA)/EA.

kini, peraturan ini berlaku untuk semua pengunjung dari negara mana pun yang telah divaksin dan terverifikasi oleh European Medical Agency di bawah pengawasan Kepala Ahli Epidemiologi Islandia dan peraturan Islandia.

Baca juga: Islandia Izinkan Turis Tidak Karantina jika Pernah Positif Covid-19

 

Negara ini juga menerima pengunjung yang mendapat vaksin dari World Health Organization (WHO) dan Carte Jaune.

Bagi yang tidak divaksin di area EEA, mereka wajib melakukan pra-registrasi dan beberapa tes saat masuk ke Islandia serta melakukan karantina selama lima-enam hari.

Islandia juga memutuskan pada Desember 2020 lalu utnuk mengizinkan pengunjung dengan yang pernah positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh untuk datang ke negara ini tanpa perlu melakukan karantina.

Gunung api Grimsvotn di Islandia yang hampir seluruh permukaannya tertutup es.SHUTTERSTOCK/ANGEL L via DAILY MAIL Gunung api Grimsvotn di Islandia yang hampir seluruh permukaannya tertutup es.

Namun, mereka harus memenuhi syarat dan membuktikannya melalui hasil pemeriksaan yang akurat. Peraturan yang sama juga berlaku pada pengunjung yang berasal dari EU/EEA.

“Dunia telah melalui banyak hal dalam dua belas bulan terakhir dan kami semua berharap untuk kembali normal dengan perlahan dan aman," kata Perdana Menteri Islandia Katrín Jakobsdóttir dalam keterangan tertulis di situs resmi www.government.is.

Ia juga mengatakan dengan dimulainya kesempatan berlibur ini dapat kembali menghidupkan budaya, perdagangan, dan pergerakan perusahaan di negera tersebut.

Baca juga: Islandia Buka Lagi Pariwisata, Ini Syarat Turis Asing yang Boleh Masuk

“Keputusan untuk menerapkan pengecualian perbatasan bagi individu yang divaksinasi ke negara-negara di luar wilayah UE/EEA adalah perpanjangan logis dari kebijakan kami saat ini,” ujar Katrin.

Saat ini 30 orang diisolasi dengan infeksi, 24 dikarantina karena dicurigai terpapar Covid-19, dan tidak ada yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 di Islandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com