Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibiza, Kota dengan Pantai Indah dan Gemerlap Dunia Malam

Kompas.com - 23/03/2021, 19:59 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ibiza merupakan sebuah kota di Pulau Ibiza, salah satu pulau di Kepulauan Balearik yang terletak di Laut Mediterania. Pulau ini berada di bawah teritori Spanyol.

Sudah sejak lama kota ini terkenal akan tempat pesta dan dugem. Hampir mirip dengan Las Vegas, Amerika Serikat (AS) dan Amsterdam, Belanda, kota ini menjadi tujuan utama para pecinta dunia malam.

Namun, perlu diketahui, Ibiza tidak hanya berisi pesta-pesta malam bagi para pecinta dugem. Kota ini ternyata menyimpan beberapa fakta unik yang tidak boleh dilewatkan.

Melansir Invisa Hoteles, Selasa (23/3/2021), berikut beberapa fakta unik Kota Ibiza yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Beach Club di Canggu dengan Konsep Suasana Ibiza

Kelab malam legendaris

Berbeda dari kebanyakan kelab malam, Ibiza memiliki beberapa bangunan kelab yang sudah berdiri selama puluhan tahun.

Salah satunya adalah Amnesia Club yang telah berdiri sejak 1976. Tempat ini merupakan salah satu kelab malam terkemuka di Ibiza selain kelab Privilege.

Privilege sendiri merupakan kelab terbesar di Ibiza yang berlokasi di San Rafael. Kelab ini bisa menampung 10.000 orang untuk berpesta.

Pantai dan dermaga yang indah

Dengan luas 571 kilometer persegi (km2), Pulau Ibiza menawarkan berbagai pantai indah yang cocok untuk dikunjungi saat liburan.

Baca juga: Cara Spanyol Pulihkan Pariwisata karena Pandemi Covid-19

Pantai-pantai di Ibiza memiliki pasir putih bersih dengan air laut biru cerah yang sungguh memanjakan mata.

Di pantai-pantai tersebut tumbuh pula Posidonia, sejenis lamun (suku anggota tumbuhan berbunga) yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, Budaya Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO).

Tidak hanya itu, beberapa dermaga di Ibiza menyuguhkan pemandangan mewah dengan lampu-lampu khas Mediterania yang cantik.

Dermaga-dermaga itu juga menyajikan berbagai kuliner laut khas Spanyol yang terkenal di daratan Eropa.

Baca juga: Turis Inggris Wajib Karantina Usai Berlibur di Spanyol

Karena terletak di perairan Mediterania, Ibiza memiliki suhu dan iklim yang cocok untuk liburan musim panas. Suhu rata-rata di pulau ini adalah 22 derajat celsius, dengan suhu tertinggi sebesar 40 derajat celcius di musim panas.

Jika tidak tertarik dengan hiburan dunia malam, Anda bisa mengunjungi dermaga atau pantai di Ibiza sembari menyantap kuliner khas yang disajikan.

Sejarah dan budaya unik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Spain Vacations (@spain.vacations)

Ibiza merupakan salah satu pulau tertua di dunia. Para pendatang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini pada 654 sebelum masehi. Kala itu, para penemu Ibiza menyebut pulau itu dengan sebutan Ibosslm.

Pulau ini dulunya merupakan tempat strategis bagi Raja Sigurd I dari Norwegia untuk menempatkan tentara-tentara salibnya dalam perang menghadapi Jerusalem tahun 1110.

Baca juga: Wisatawan Negara Ini Bisa Masuk Spanyol Tanpa Harus Karantina

Selain Raja Sigurd I, Raja James I dari Aragon pada 1235, Bangsa Moors pada 990, dan Scipio bersaudara pada 209, juga pernah menyerbu pulau tersebut.

Tidak hanya sejarah, Ibiza rupanya memiliki satu bahasa unik yang digunakan para penduduknya. Bahasa ini bernama Elvissenc yang hanya digunakan di Ibiza dan Formentera.

Meski kebanyakan penduduk lokal Ibiza menggunakan Spanyol dan Katalan dalam bahasa percakapan sehari-hari, beberapa penduduk masih menggunakan Elvissenc dengan lancar.

Tidak hanya itu, pulau ini menampilkan beberapa benteng-benteng indah khas abad ke-16 yang terinspirasi dari jenis kota-kota di Kepulauan Karibia.

Baca juga: Sejarah Rempah di Indonesia, Ada Pengaruh dari India, Spanyol, dan Portugis

Ada pula kuburan bersejarah Puig de Molins dan situs arkeologi terkenal Sa Caleta yang juga dimasukkan dalam situs bersejarah UNESCO.

Tempat populer di kalangan selebriti dunia

Banyaknya kelab malam dengan berbagai spot wisata menarik dan memanjakan mata, membuat Ibiza menjadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan selebriti dunia.

Pada 2014, penyanyi rap populer Eve dan Maximillion Cooper menyelenggarakan pernikahan mewah di pulau tersebut.

Beberapa selebriti besar, seperti James Blunt, Mick Jagger, dan Pete Tong bahkan membeli mansion mewah untuk ditinggali ketika liburan.

Baca juga: Liburan ala Legend of The Blue Sea di Spanyol, Jalan-jalan Kelar Corona

Pada Agustus 2019 lalu Pangeran Harry dan Meghan Markle bahkan pergi berlibur ke Vila Alegre di Ibiza untuk merayakan ulang tahun Meghan ke-38.

Vila Alegre terletak di kompleks perumahan elit dengan tingkat keamanan tinggi yang terletak di selatan Ibiza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com