Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Setahun, Penjara Alcatraz Buka Lagi Tur Dalam Ruangan

Kompas.com - 25/03/2021, 07:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.comAlcatraz, penjara bersejarah di Amerika Serikat (AS), akhirnya dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan pada Senin (15/3/2021) setelah ditutup selama satu tahun.

Melansir ABC News, Selasa (16/3/2021), tempat wisata tersebut membatasi kunjungan wisatawan untuk tur dalam ruangan yang selama pandemi Covid-19 tidak dibuka.

Selama berada di pulau yang sempat ditinggali oleh dua kriminal ternama yakni Al Capone dan George “Machine Gun” Kelly, wisatawan diwajibkan untuk menggunakan masker dan saling jaga jarak.

Baca juga: Melarikan Diri ke Alcatraz

Kapal feri yang membawa wisatawan ke Alcatraz hanya beroperasi dengan kapasitas 25 persen atau membawa sekitar 150 orang. Sebelumnya, kapal-kapal yang menuju ke sana membawa 600 pengunjung.

Selanjutnya, akses ke sana juga akan dibatasi hanya untuk wisatawan yang sebelumnya telah mendaftarkan diri untuk tur audio.

Modifikasi keselamatan telah dilakukan di seluruh area termasuk penanda jaga jarak serta peningkatan pembersihan dan tempat untuk mencuci tangan. Selama berada di kapal feri atau di pulau, layanan makan bagi wisatawan tidak akan tersedia.

Baca juga: Unik, KJRI San Francisco Adakan Bazar Virtual Kuliner Lebaran

Mengutip SFGate, Selasa, wisatawan perlu reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Alcatraz.

Kondisi setelah dibuka

Pembukaan kembali tur dalam ruangan Alcatraz langsung disambut oleh wisatawan yang berbondong-bondong ke sana meski suhu sedang dingin. Bahkan, tiket langsung terjual habis pada saat pembukaan.

Wisatawan yang berkunjung ke Penjara Alcatraz di San Francisco yang saat ini telah membuka kembali tur dalam ruangan (Douglas Zimmerman/SFGATE).Douglas Zimmerman/SFGATE Wisatawan yang berkunjung ke Penjara Alcatraz di San Francisco yang saat ini telah membuka kembali tur dalam ruangan (Douglas Zimmerman/SFGATE).

Para wisatawan yang terlihat baru turun dari kapal feri langsung diingatkan oleh penjaga tempat wisata untuk menggunakan masker dan jaga jarak.

Di lantai, pengunjung akan melihat penanda jaga jarak yang masing-masing berjarak enam kaki. Pada setiap tempat cuci tangan juga tersedia hand sanitizer.

“Hari ini adalah hari yang simbolik. Tidak hanya bagi National Park Service, namun juga bagi komunitas wisatawan San Francisco,” kata Communications Director Golden Gate National Recreation Area, Charlie Strickfaden, kepada SFGate.

Baca juga: Gara-gara Badai Salju, Sebagian Air Terjun Niagara di AS Jadi Es

Selama berada di sana, wisatawan diimbau untuk mengunggah tur audio agar mereka bisa mendengarkan sendiri melalui ponsel.

Meski begitu, pihak Alcatraz tetap menyediakan perangkat audio yang telah disanitasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Seluruh area luar ruangan termasuk Eagle Plaza, Sally Port, Recreation Yard, dan taman bersejarah telah dibuka.

Sebelumnya, Alcatraz hanya membuka tur luar ruangan pada Agustus 2020 untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Biasanya, tempat wisata tersebut menampung hingga 5.000 wisatawan per hari. Namun, kini jumlah tersebut akan dikurangi menjadi sekitar seribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com