Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan di Danau Toba, Bakal Ada 5 Wisata Unggulan Baru Samosir

Kompas.com - 25/03/2021, 11:22 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara saat ini sedang dalam proses mengembangkan lima obyek wisata unggulan baru yang ada di kawasan tersebut.

“Kita sudah punya obyek-obyek yang sudah masuk di Rencana Induk Pengembangan Objek (RIPO). Itu kurang lebih ada 43 objek,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan ketika dihubungi Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Namun di luar itu, Dumosch mengaku masih terus menerus bekerja sama dengan pemerintah desa, komunitas-komunitas masyarakat, hingga Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengembangkan objek-objek wisata baru yang potensial untuk dikembangkan.

Baca juga: Foto Bukit Sibea-bea Viral, Kadispar Samosir: Jangan ke Situ Dulu

“Saat ini di luar RIPO tadi ada beberapa obyek yang sudah muncul lagi, kurang lebih ada empat atau lima. Ini yang lagi kita monitor dan fasilitasi. Ada beberapa obyek yang saat ini baru buka dan sedang dikembangkan,” sambung dia.

Kelima obyek wisata baru tersebut di antaranya adalah:

  1. Patung Yesus yang ada di Sibea-bea
  2. Pantai Sigurgur di Kecamatan Simanindo
  3. Desa Wisata Bagot di Desa Parlondut
  4. Bukit Sipatungan di Sitio-tio
  5. Air Terjun Tombak Pangaribuan di Kecamatan Palipi

Pemandangan jalur berliku dk Bukit Sibea-bea yang merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.dok. Anugerah Abdi Lesmana Pemandangan jalur berliku dk Bukit Sibea-bea yang merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

1. Patung Yesus di Sibea-bea

Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Bukit Sibea-bea. Kawasan wisata religi tersebut nantinya akan menjadi kawasan yang terintegrasi.

“Jadi kalau mainnya di (kawasan) Salibnya. Di sana juga akan dibangun restoran. Kemudian parkiran yang representatif. Kemudian fasilitas toilet,” terang Dumosch.

Nantinya kawasan tersebut juga diharapkan akan jadi lokasi olahraga masyarakat dan wisatawan.

Jalur menuju kawasan wisata tersebut memang beberapa waktu ini sempat viral. Khususnya jalur berliku sepanjang 2,8 kilometer menuju kawasan wisata religi tersebut yang menghadap langsung ke Danau Toba.

Kini, pembangunan kawasan Patung Yesus tersebut masih berkisar 50 persen. Targetnya pembangunan akan tuntas 100 persen pada September 2021.

Saat ini, kawasan wisata tersebut masih belum dibuka untuk umum agar tak mengganggu proses pembangunan. Namun Dumosch tak menampik bahwa sudah cukup banyak wisatawan yang nekat datang ke sana.

2. Pantai Sigurgur

Pantai Sigurgur merupakan salah satu wisata pantai yang ada di Samosir. Letaknya ada di Kecamatan Simanindo.

Pantai ini menawarkan berbagai aktivitas wisata, seperti permainan olahraga air, hingga pentas seni setiap malam.

“Setiap hari minggu dia punya live music konser. Di sana juga sudah ada coffee shop. Pantainya hamparannya cukup bagus dan lengkap di sana ada gazebo, dan tempat-tempat peristirahatan gitu,” ujar Dumosch.

Baca juga: Desa Bonan Dolok Samosir, Nikmati Tepian Danau Toba hingga Air Terjun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com