Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Himpunan Humas Hotel Bandung akan Buat Paket Khusus, Bangkitkan Wisata Saung Angklung Udjo

Kompas.com - 28/03/2021, 07:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ketua Himpunan Humas Hotel Bandung (H3B) Rikky Sugiarto menyebut soal rencana pengadaan paket khusus menginap di hotel-hotel Bandung sekaligus kunjungan ke salah satu tempat wisata di Kota Bandung, Saung Angklung Udjo.

Nantinya, para tamu hotel yang mengambil paket tersebut bisa sekaligus juga melakukan kunjungan wisata ke Saung Angklung Udjo.

“Nanti akan ada paket menginap dengan pertunjukan di Saung Angklung Udjo, nonton pertunjukan juga,” kata Rikky ketika dihubungi Kompas.com, Senin (23/3/2021).

Skema paket tersebut saat ini masih dalam tahap pembahasan. Targetnya, skema paket akan terus direncanakan pada bulan April 2021 dan akan siap untuk diluncurkan setelah hari raya Idul Fitri yang jatuh di bulan Mei 2021.

Baca juga: Saung Angklung Udjo Buka Pertunjukkan Khusus Reservasi

Tujuannya adalah meningkatkan geliat wisata Saung Angklung Udjo yang terdampak parah akibat pandemi Covid-19. Nantinya harga paket akan berbeda-beda, tergantung tingkat hotel yang dipilih sebagai akomodasi oleh para wisatawan.

“Kemungkinan di setiap hotel juga akan berbeda. Mungkin dari harga, karena H3B kan ada yang (hotel) bintang lima, bintang empat, bintang tiga, bintang dua pun ada. Jadi yang dipaketkan ini disesuaikan manajemen hotel masing-masing,” terang Rikky.

Sementara menunggu skema paket siap diluncurkan, Rikky mengaku akan terus melakukan promosi terkait Saung Angklung Udjo melalui media sosial H3B.

Ia juga sedikit menjabarkan rencana H3B untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membantu tempat-tempat wisata lain yang ada di Bandung dan Jawa Barat.

Kegiatan dari Himpunan Humas Hotel Bandung untuk membantu geliat wisata di Saung Angklung Udjo, Minggu (21/3/2021).Dok. Himpunan Humas Hotel Bandung Kegiatan dari Himpunan Humas Hotel Bandung untuk membantu geliat wisata di Saung Angklung Udjo, Minggu (21/3/2021).

Saat ini, H3B sudah mulai merencanakan kunjungan ke tempat wista lain. Salah satu yang akan dikunjungi dalam waktu dekat adalah wisata edukasi Jendela Alam.

Mereka akan melakukan audiensi dengan pihak tempat wisata, dan mencari cara yang tepat soal kegiatan apa yang paling tepat dilakukan untuk membantu mereka.

Kondisi Saung Angklung Udjo

Diketahui, kondisi Saung Angklung Udjo selama pandemi Covid-19 memang cukup sulit. Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat mengatakan bahwa geliat wisata di Saung Angklung Udjo hingga saat ini masih belum terlihat.

Kunjungan masih sangat terbatas, bahkan seringkali tempat tersebut hanya dikunjungi dua sampai tiga orang saja per hari.

“Karena karakter pengunjung kita itu kan anak sekolah sama orang asing. Kalau belum ada aktivitas tatap muka dan lain sebagainya ya nampaknya masih perlu menunggu,” imbuh Taufik.

Saung Angklung Udjo tetap berusaha untuk beradaptasi. Salah satunya dengan mulai menerima reservasi khusus kelompok minimal 30 pax untuk pelaksanaan pertunjukan.

Baca juga: Cara Saung Angklung Udjo Bertahan Selama Pandemi: Rumahkan Pegawai Hingga Wisata Virtual

Namun jika kunjungannya kurang dari jumlah tersebut, Saung Angklung Udjo masih tetap bisa melayani. Hanya saja tak akan ada pertunjukan full.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com