Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Patung Yesus di Samosir Rampung 50 Persen, Target Tuntas September 2021

Kompas.com - 28/03/2021, 12:55 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Proses pembangunan wisata religi Patung Yesus Kristus di Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara saat ini baru rampung sekitar 50 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan mengatakan bahwa proses pembangunan kawasan patungnya ditargetkan akan tuntas 100 persen pada September 2021.

“Kalau yang Sibea-bea (September) 2021 selesai untuk salibnya. Tapi kalau untuk penataan lokasi secara keseluruhan mungkin tuntas di Juni 2022,” kata Dumosch kepada Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Konsep penataan kawasan

Nantinya, kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus ini akan dibangun secara terintegrasi. Selain wisata religi di kawasan salibnya, akan ada pula pembangunan rumah doa, serta restoran untuk wisata kuliber.

“Kemudian parkiran yang representatif. Kemudian fasilitas toilet. Diharapkan juga di situ menjadi kayak lokasi untuk tempat orang olahraga juga sebetulnya,” terang Dumosch.

Baca juga: Foto Bukit Sibea-bea Viral, Kadispar Samosir: Jangan ke Situ Dulu

Pasalnya, kawasan jalan utama hingga ke lokasi patung tersebut sangat cocok dijadikan jalur olahraga. Kondisi jalannya cukup bagus, dengan pemandangan alam langsung ke arah Danau Toba.

Dari luas kawasan 15 hektar yang sudah dikelola saat ini, jalur yang sudah dibangun di sana mencapai kurang lebih 2,8 kilometer (km).

Foto dirilis Jumat (5/3/2021), memperlihatkan wisawatan menikmati pemandangan Danau Toba dari kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape di Pardamean Sibisa, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai lokasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) untuk menggantikan Pulau Bali.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Foto dirilis Jumat (5/3/2021), memperlihatkan wisawatan menikmati pemandangan Danau Toba dari kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape di Pardamean Sibisa, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai lokasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) untuk menggantikan Pulau Bali.

Jalur sepanjang 2,8 km itu merupakan jalur berliku yang menghadap langsung ke Danau Toba. Tampak pula latar belakang pemandangan perbukitan asri yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Jalur ini merupakan akses menuju Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter. Rencananya, jalur tersebut akan diberi pagar pembatas agar wisatawan bisa melintas dengan aman, termasuk juga nyaman menggunakannya sebagai jalur berolahraga.

Masih belum dibuka

Saat ini, kawasan Patung Yesus Kristus ini masih belum dibuka untuk umum. Seharusnya wisatawan belum bisa berkunjung ke sana.

Seperti tertera dalam berita Kompas.com, Bukit Sibea-bea yang jadi lokasi wisata religi Patung Yesus Kristus sempat menjadi perbincangan warganet lintas platform media sosial sejak pertengahan Januari 2021.

Kawasan yang menarik minat warganet khususnya adalah jalan akses menuju Patung Yesus Kristus yang berliku dan menawarkan pemandangan alam yang apik, termasuk pemandangan langsung ke Danau Toba.

Baca juga: Jalan-jalan di Danau Toba, Bakal Ada 5 Wisata Unggulan Baru Samosir

Namun sebenarnya, kunjungan wisatawan luar daerah ke sana sudah ramai sejak periode Natal dan Tahun Baru 2021 kemarin.

Meski ramai dikunjungi, sebenarnya kawasan wisata tersebut belum dipromosikan secara resmi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir hingga kawasan benar-benar tertata.

“Kalau kita promosikan, orang makin bejubel masuk ke situ. Kita minta orang tidak boleh masuk, tapi di lapangan ya dinamis,” ujar Dumosch.

Pihaknya pun tidak bisa melarang wisatawan yang telanjur datang dari jauh. Namun, rombongan wisatawan tetap akan ditolak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com