Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Baru Pantai Sigurgur di Samosir, Puas Nikmati Olahraga Air

Kompas.com - 28/03/2021, 17:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kabupaten Samosir, Sumatera Utara tak hanya punya wisata dataran tinggi yang indah saja. Kabupaten yang terletak di tengah-tengah Danau Toba ini juga menawarkan wisata pantai yang menakjubkan.

Salah satu wisata pantai di Samosir yang saat ini sedang berusaha dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir adalah Pantai Sigurgur. Pantai dengan pemandangan Danau Toba yang indah ini terletak di Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo.

Baca juga: Masih Zona Hijau, Wisata Samosir Tetap Lakukan Protokol Kesehatan Ketat

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan, jumlah pengunjung yang datang ke Pantai Sigurgur setiap harinya sudah cukup banyak. Pengembangannya pun cukup baik dan terus meningkat.

Pantai Sigurgur merupakan salah satu dari tempat wisata unggulan baru di Kabupaten Samosir yang saat ini masih dalam upaya pengembangan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir.

Pengembangan yang direncanakan salah satunya adalah mengintegrasikan aktivitas wisata di pantai tersebut dengan masyarakat sekitarnya. Sehingga tak hanya owner saja yang bisa menikmati manfaat aktivitas wisata di pantai tersebut, tapi masyarakat juga.

Aktivitas wisata di Pantai Sigugur, Samosir

Para wisatawan yang datang ke sana bisa menikmati berbagai aktivitas wisata. Mulai dari permainan olahraga air hingga pentas seni hampir setiap malam.

Live music setiap hari ada, khusus hari Minggu ada konser kecil lah di situ,” kata Dumosch ketika dihubungi Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Momen sunset yang dinikmati dari pantai di SamosirDok. Instagram @disparkabsamosir Momen sunset yang dinikmati dari pantai di Samosir

Pantai Sigurgur memang menawarkan banyak tempat yang menawarkan makanan dan minuman khas Samosir. Tak hanya berupa warung, di sana juga sudah terdapat coffee shop modern. Wisatawan bisa puas berwisata kuliner di sana.

“Terus pantainya hamparannya cukup bagus dan lengkap. Di sana ada gazebo dan tempat-tempat peristirahatan gitu,” tambah Dumosch.

Wisatawan bisa dengan bebas bermain pasir putih sambil menikmati pemandangan Danau Toba yang membentang dari bibir pantai.

Baca juga: Wisata Patung Yesus di Samosir Rampung 50 Persen, Target Tuntas September 2021

Pantai Sigurgur ini juga terkenal sebagai salah satu spot menikmati momen matahari terbenam. Keindahan sunset di pantai ini jadi favorit wisatawan kala berkunjung ke sana.

Hingga kini Pantai Sigurgur masih bisa diakses secara gratis. Tidak ada pungutan biaya tiket untuk wisatawan yang berkunjung ke sana.

Pantai Sigurgur di SamosirDok. Instagram @sigurgurbeach Pantai Sigurgur di Samosir

Letak Pantai Sigurgur ini juga cukup strategis. Pantai ini bisa ditempuh sekitar 30 menit saja dari Pangururan. Jika wisatawan masuk melalui Tomok, tempat ini juga bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

Jika wisatawan masuk melalui Pelabuhan Simanindo, maka jaraknya sangat dekat. Hanya sekitar lima kilometer saja, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 10 menit berkendara.

Baca juga: Samosir Punya 47 Desa Wisata, Seperti Apa Rencana Ke Depannya?

Pantai Sigurgur juga relatif berdekatan dengan wisata pantai lain di Samosir. Seperti Pantai Batu Hoda, dan Pantai Pasir Putih Parbaba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com