Kompas.com - 29/03/2021, 14:08 WIB


KOMPAS.com – PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan peningkatan keamanan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pasca-ledakan yang terjadi di depan rumah ibadah di Makassar, Minggu (28/3/2021) sekitar pukul 10.20 WITA.

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, peningkatan keamanan tersebut juga dilakukan di seluruh bandara yang dikelola AP I.

“Hal ini dilakukan mengingat bandara merupakan objek vital negara, sehingga perlu diantisipasi potensi ancaman lanjutan dari peristiwa tersebut," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Peningkatan keamanan di Bandara Sultan Hasanuddin pasca-bom di Gereja Katedral MakassarDok. Angkasa Pura I Peningkatan keamanan di Bandara Sultan Hasanuddin pasca-bom di Gereja Katedral Makassar

Upaya peningkatan keamanan di seluruh bandara kelolaan AP I di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke area bandara. Caranya adalah dengan melakukan peningkatan random check di area pengambilan tiket parkir, serta melibatkan pendampingan petugas TNI dan Polri yang sudah diperbantukan.
  2. Melakukan patroli gabungan untuk pemeriksaan keamanan di area perimeter bandara.
  3. Meningkatkan ketelitian petugas bandara dalam melakukan pemeriksaan terhadap orang atau petugas dan kendaraan yang memasuki area sisi udara (airside).
  4. Memperketat keamanan di terminal kargo dan regulated agent melalui koordinasi intensif dengan operator jasa terkait.
  5. Meningkatkan pengamanan dan penjagaan Depo Pengisian Bahan Bakar Pesawat.
  6. Melaksanakan pemeriksaan secara konsisten di area screening check point (SCP) dan memastikan orang yang masuk ke area terbatas harus memperlihatkan kartu identitas bandara.
  7. Meningkatkan patroli di SCP 1 dan 2.
  8. Memeriksa seluruh gorong-gorong di bandara.
  9. Melakukan security awareness briefing kepada seluruh mitra bandara.

Baca juga: Desember 2020, Trafik Penumpang di Bandara AP I Naik 11 Persen

AP I terus berkoordinasi secara intensif dengan otoritas bandara terkait kebijakan peningkatan keamanan bandara. Termasuk juga berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mengidentifikasi kemungkinan potensi ancaman.

Upaya peningkatan keamanan ini dipastikan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi.

“Bagi calon penumpang dan pengguna jasa bandara yang tengah berada di bandara atau yang akan menuju bandara, kami mohon maaf jika upaya peningkatan keamanan ini mengganggu kenyamanan. Hal ini dilakukan demi keselamatan dan keamanan kita bersama,” pungkas Faik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.