Kompas.com - 01/04/2021, 15:31 WIB
Kebun Buah Mangunan dengan panorama kabut seakan berada di negeri di atas awan Anggara Wikan Prasetya/KOMPAS.comKebun Buah Mangunan dengan panorama kabut seakan berada di negeri di atas awan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang akhir pekan atau long weekend Paskah langsung menyapa pada awal April 2021. Diprediksi kawasan pantai di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul bakal ramai dikunjungi wisatawan.

Oleh karena itu, pihak berwenang pun menyiapkan sejumlah personel untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, untuk libur Paskah tahun ini sama seperti liburan panjang akhir pekan biasanya.

Baca juga: Serunya Naik VW di Wulenpari dan Nikmati Kawasan Perdesaan Gunungkidul

Dijelaskannya seperti libur panjang pada umumnya, kawasan pantai Parangtritis diperkirakan masih menjadi pilihan wisatawan ke Bantul. Disusul pantai di sebelah baratnya.

"Untuk Goa Selarong, biasanya digunakan oleh pesepeda," kata Markus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/3/2021).

Untuk penjagaan ada pos terpadu di Joglo kembar Parangtritis. Sejumlah personel dari Dinas Pariwisata, Polsek, SAR Satlinmas, hingga Satgas Kapanewon (kecamatan) melakukan patroli mengingatkan kepada pengunjung untuk taat protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunungkidul juga tambah personel

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga akan menambah personel untuk mengantisipasi meningkatnya kunjungan ke tempat wisata. Akan diterjunkan 400 personel dari Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Kepolisian, TNI-POLRI, hingga Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, penambahan jumlah personel keamanan dan pengawasan wisatawan ini karena diprediksi ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul saat libur Paskah.

Matahari terbenam di Pantai Kesirat, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Matahari terbenam di Pantai Kesirat, Gunungkidul.

"Kita ada tambahan 400 personil untuk pengamanan libur panjang akhir pekan. Sebab, diperkirakan ada peningkatan kunjungan," kata Harry.

Harry mengatakan sama seperti Bantul, wisatawan ke Gunungkidul sebagian besar akan berkunjung ke kawasan pantai. Destinasi Wisata Gunungkidul Khusus untuk Jumat (2/4/2021)  tetap buka karena bertepatan dengan libur nasional. 

Baca juga: Itinerary Wisata Pantai di Bantul

"Target kami adalah  ketaatan pelaksanaan prokes oleh wisatawan, pelaku wisata, dan masyarakat di sekitar tempat wisata," ucap Harry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.