Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2021, 06:06 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Phuket sebagai salah satu destinasi terpopuler di Thailand mulai menyambut wisatawan asing yang sudah divaksinasi Juli 2021. Menurut laporan, rencana itu lebih awal dari perkiraan semula, yaitu saat musim gugur.

Baca juga: Phuket Berencana Sambut Turis yang Sudah Divaksin Oktober 2021

Mengutip dari Travelandleisure.com yang melansir dari Reuters, wisatawan yang telah divaksinasi penuh tidak perlu menjalani karantina untuk mengunjungi Phuket.

Hal tersebut disampaikan setelah satuan tugas virus corona di Thailand memberi mereka izin untuk mulai menyambut wisatawan musim panas ini.

Baca juga: Mengintip 4 Hotel Halal di Phuket

Saat itu, Phuket berencana memvaksin 70 persen penduduknya agar dapat membuka pulau dengan aman, sehingga ekonomi dan pariwisata bisa kembali maju. Thailand berharap setengah dari populasinya divaksinasi pada akhir tahun ini.

"Jika kami dapat memvaksin 50 persen hingga 60 persen populasi, kami dapat membuka negara dengan aman dan menggerakkan ekonomi dan pariwisata ke depan," kata pejabat senior kesehatan Kiattiphum Wongraijit, kepada Reuters.

Baca juga: Rencana Thailand Terima Turis yang Sudah Divaksin Covid-19

Bulan depan, negara itu akan sedikit lebih mudah untuk dikunjungi karena pengunjung yang sudah divaksinasi hanya perlu karantina selama tujuh hari.

Yuthasak Supasorn, Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand, mengatakan kepada Bloomberg, setidaknya 100.000 pengunjung diperkirakan akan berangkat ke Phuket pada kuartal ketiga.

Ilustrasi Thailand - Wat Plai Temple di Koh Samui, Thailand (SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic).SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic Ilustrasi Thailand - Wat Plai Temple di Koh Samui, Thailand (SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic).

"Ada orang yang sudah divaksinasi lengkap dan siap bepergian, tetapi mereka hanya akan memilih tujuan yang telah memvaksinasi penduduknya dan tidak memerlukan karantina," kata Supasorn.

Baca juga: Thailand Pertimbangkan Izinkan Pendatang yang Sudah Vaksinasi Tak Lakukan Karantina

Sementara, menurut Kedutaan Besar dan Konsulat Amerika Serikat di Thailand, mulai 1 April 2021 negara tersebut menerima wisatawan yang belum divaksin dengan syarat menjalani karantina selama 10 hari.

Bagi wisatawan yang harus menjalani karantina, Thailand menawarkan pilihan penginapan yang mewah lengkap dengan kolam renang, tempat gym, dan spa pribadi dengan pemandangan hutan dan sawah yang subur.

Baca juga: Koh Samui di Thailand Akan Buka untuk Turis Asing yang Sudah Divaksin

Kebijakan yang dibuat Phuket telah menjadi contoh untuk  destinasi wisata lain seperti Koh Samui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com