Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Paskah, Satpol PP DIY akan Razia Surat Hasil Tes Covid-19 Secara Acak

Kompas.com - 02/04/2021, 13:23 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan Razia hasil tes Covid-19 secara acak di tempat-tempat wisata.

"Kita lakukan secara acak pada setiap hari libur, baik sabtu minggu seperti libur panjang ini,” kata Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad kepada Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Nantinya saat melakukan operasi, pihaknya akan menanyakan kepada wisatawan soal hasil tes Covid-19 secara acak.

Baca juga: Syarat Terbaru Berwisata ke DIY, Bisa Pakai Hasil Tes GeNose

Jika wisatawan tidak dapat menunjukkan surat hasil rapid test antigen maka wisatawan diminta melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan terdekat. Jika tidak mau, wisatawan diminta kembali ke daerah asal.

Adapun, aka nada tujuh titik yang nantinya dilakukan pengecekan secara acak. Ketujuh lokasi yaitu sekitar Pantai Wediombo, Pantai Baron, Parangtritis, Pantai Baru, Pantai Glagah, Waduk Sermo, dan Kaliurang.

Tempat wisata Waduk Sermo di Kulon Progo, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK / MARDIYA Tempat wisata Waduk Sermo di Kulon Progo, Yogyakarta.

Pol PP gabungan TNI, Polri kita bagi dua wilayah. Utara dan selatan, menyasar seluruh tempat wisata dan tempat keramaian,” ujar Noviar.

Baca juga: Long Weekend Paskah, Wisata Gunungkidul dan Bantul Bakal Diserbu Wisatawan

Ia melanjutkan, di Kota Yogyakarta lokasinya adalah Malioboro dan Alun-alun. Pihaknya paling sering melakukan pembubaran di dekat Masjid Syuhada.

Bisa pakai tes GeNose

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan bahwa mulai 1 April 2021, wisatawan bisa membawa hasil GeNose C-19.

"Per 1 April di Bandara YIA sudah mulai diberlakukan (GeNose), terus di kereta juga. Saya kira itu juga bisa bagian dari skrining itu sendiri," kata Singgih.

Salah seorang calon penumpang kereta api tengah melakukan test GeNose C19. Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNG Salah seorang calon penumpang kereta api tengah melakukan test GeNose C19.

Tes GeNose pun makin menambah pilihan tes Covid-19 bagi para wisatawan. Sebelumnya, hanya hasil rapid test antigen dan PCR yang dapat digunakan.

Pihaknya pun masih mewajibkan wisatawan luar DIY untuk melengkapi diri dengan surat tes Covid-19 dengan hasil negatif.

Baca juga: Harga dan Cara Tes GeNose di Bandara

Selain untuk syarat berwisata, surat hasil tes Covid-19 itu juga menjadi syarat untuk menginap di penginapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com