Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Jaddih Bangkalan, Tambang Kapur yang Kini Jadi Spot Foto Indah

Kompas.com - 03/04/2021, 15:31 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANGKALAN, KOMPAS.com - Pulau Madura ternyata memiliki tempat wisata tersembunyi nan istimewa. Terletak di Jakan, Socah, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, Bukit Jaddih bisa menjadi tujuan untuk Anda penggemar wisata foto.

Bukit Jaddih sejatinya adalah tambang kapur. Uniknya, saat ini pertambangan masih berlangsung, sehingga ada alat berat dan truk yang berlalu-lalang mengangkut batu kapur.

Menuju Bukit Jaddih tidak terlalu susah. Dari Surabaya setelah melewati Jembatan Suramadu, langsung saja gunakan aplikasi pencari arah. Meski letaknya gampang dicari, tapi tetap harus waspada karena jalan ke Bukit Jaddih terhitung sempit dan beberapa titik berlubang.

Hanya butuh sekitar 20 menit dari Jembatan Suramadu ke Bukit Jaddih. Cukup membayar Rp 20.000 untuk parkir mobil dan Rp 5.000 per orang untuk masuk ke lokasi.

Baca juga: Sisi Lain Madura, Ladang Garam Terbesar di Asia Tenggara

Sesampainya di Bukit Jaddih, cobalah naik rakit yang disewakan dengan harga Rp 5.000 per orang. Di danau buatan yang airnya berwarna hijau, pengunjung akan mendapat spot yang sangat indah.

Dikelilingi tembok-tembok bukit kapur yang terpahat cerahnya langit adalah kombinasi serasi. Jangan takut, kedalaman air di danau itu rata-rata 70 sentimeter (cm).

Setelah puas naik rakit, langkahkan kaki ke rongga-rongga bukit. Di sini, maksimalkan spot untuk pengambilan foto sebagai kenang-kenangan.

Bukit Jaddih di Kabupaten Bangkalan Jawa TimurKOMPAS.com/Dian Ade Permana Bukit Jaddih di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur

 

Jangan lewatkan bermain di kolam renang yang tersedia. Terasa segar, panasnya perbukitan kapur diredam air kolam renang. Untuk yang mau berbelanja, ada toko aksesoris Goa Pote.

Pengunjung Bukit Jaddih asal Salatiga, Jawa Tengah bernama Faramita Septiani mengaku terkesan dengan keindahan tempat wisata ini.

Baca juga: Desa Aeng Tong-Tong, Kampung Perajin Keris Madura

"Meski wisata di area tambang sudah ada di beberapa tempat lain, di Bukit Jaddih ini sangat bagus karena ada berbagai fasilitas pendukung," kata dia, Jumat (2/4/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com