Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hawaii, Salah Satu Tempat Terbaik untuk Melihat Pelangi

Kompas.com - 03/04/2021, 17:05 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hawaii yang terletak di kepulauan eksotis di Amerika Serikat, disebut sebagai ibu kota pelangi di dunia. Fenomena alam pelangi yang kerap datang setelah hujan turun memang selalu menakjubkan untuk dilihat. 

Mengutip dari Lonelyplanet.com, sebuah studi baru menunjukkan bahwa Hawaii adalah tempat terbaik di bumi untuk melihat keajaiban pelangi.

Fenomena meteorologi warna-warni itu disebabkan refleksi, refraksi, dan penyebaran cahaya dalam tetesan air, menghasilkan spektrum cahaya yang muncul di langit dalam bentuk busur melingkar.

Steven Businger dari Departemen Meteorologi University of Hawaii dalam penelitiannya menjelaskan bahwa lokasi Hawaii di kawasan Pasifik yang subtropis membuat pola udaranya didominasi angin pasat timur laut.

Baca juga: 8.000 Wisatawan Serbu Hawaii pada Hari Pertama Pembukaan Pariwisata Tanpa Karantina

Curah hujan yang cukup tinggi dan langit cerah di antara hujan menjadi kondisi sempurna untuk formasi pelangi muncul.

Kemudian pada malam hari, permukaan laut yang hangat memanaskan atmosfer dari bawah, sementara radiasi mendinginkan puncak awan, sehingga menghasilkan hujan yang lebih pekat lagi di pagi hari dan menghasilkan pelangi.

Selain itu, faktor utama dari munculnya pelangi di pulau tersebut yaitu karakter pegunungan Kepulauan Hawaii. Pegunungan menghasilkan gradien tajam dalam awan dan curah hujan yang merupakan kunci terjadinya pelangi sempurna.

Ilustrasi Hawaii - Pantai Napali di Pulau Kaua'i.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Hawaii - Pantai Napali di Pulau Kaua'i.

Secara kultural, Hawaii sangat erat kaitannya dengan pelangi. Dalam mitologi tradisionalnya, pelangi merupakan elemen signifikan di berbagai kisah yang lahir di negara bagian Amerika Serikat itu.

Pelangi juga dipercaya masyarakat setempat sebagai jalan bagi orang mati untuk menuju surga. Dalam makalah Businger, dia menganalisis bagaimana pelangi telah menjadi bagian penting dari budaya Hawaii.

Baca juga: Hawaii Gagas Resort Bubble, Turis Tetap Bisa Berwisata saat Dikarantina

"Pentingnya pelangi dalam kebudayaan tercermin dalam bahasa Hawaii yang memiliki banyak kata dan frasa untuk menggambarkan variasi manifestasi di Hawaii," kata Businger, dikutip dari Travelandleisure.com, Kamis (1/4/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com