Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Banaran di Ungaran Kini Punya Area Camping dengan Pemandangan Indah

Kompas.com - 04/04/2021, 19:07 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Let's Kick Start Our Journey menandai pengelolaan Kampung Kopi Banaran era baru. Sentra kopi di Jawa Tengah tersebut disulap menjadi areal wisata kekinian untuk menarik pengujung.

GM Kampung Kopi Banaran Frina Bonita mengatakan, area seluas 39 hektar yang terletak di Bawen, Kabupaten Semarang itu memiliki kekhasan yang tak dimiliki daerah lain.

"Dengan Let's Kick Start Our Journey, maka Kampung Kopi Banaran akan menjadi tujuan wisata yang berbeda dengan daerah lain," kata dia, Kamis (1/3/2021).

Frina melanjutkan, salah satu wahana terbaru yang ada di Kampung Kopi Banaran adalah Coffee Camp yang memiliki 14 tenda.

Baca juga: Wisata Kampoeng Kopi Banaran Dikelola Dyandra Promosindo, Sasar Wisatawan Milenial

"Selama ini, traveller ada yang bergaya koper dan ransel. Untuk yang bergaya koper, sudah ada guest house dengan berbagai fasilitas lengkap. Sementara traveller ransel bisa mencoba menginap di tenda," sambung dia.

Dari balik tenda, wisatawan bisa menikmati pemandangan Rawa Pening dan deretan gunung-gunung yang tak bisa ditemui di daerah lain.

Ada pula jogging track untuk yang mendambakan berolahraga di perkebunan kopi. Di area perkebunan itu, ada rambu-rambu bertuliskan tentang sejarah kopi di Indonesia, sehingga pengetahuan pengunjung juga akan bertambah.

Coffee Camp di Kampung Kopi BanaranKOMPAS.com/Dian Ade Permana Coffee Camp di Kampung Kopi Banaran

Menurut Frina, area Coffee Camp diluncurkan karena berdasarkan survei Litbang Kompas di tengah pandemi Covid-19, tren wisata dengan konsep outdoor sangat diminati para traveller.

"Coffee Camp ini cocok bagi pencinta adventure, travelling karena dapat langsung menikmati suasana alam dan melihat gunung. Kami juga sedang menyiapkan paket khusus perjalanan menikmati suasana alam di tiga gunung, yakni Telomoyo, Ungaran, dan Merbabu," tutur dia.

Frina berharap konsep baru di Kampung Kopi Banaran bisa menjadi tujuan bagi wisatawan keluarga dan komunitas.

Baca juga: 6 Tips Berwisata ke Bukit Cinta Rawa Pening

"Banaran ini ada dua tujuan, yakni Kafe Banaran 9 dan Banaran Sky View yang memiliki Coffee Camp serta Barbeque Camp," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com