Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Jalan-jalan ke Samosir 3 Hari 2 Malam

Kompas.com - 05/04/2021, 11:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kabupaten Samosir, Sumatera Utara memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Terletak di Danau Toba, Samosir juga menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Wisatawan bisa mengunjungi beberapa jenis wisata ketika berkunjung ke sini. Mulai dari wisata pantai, wisata dataran tinggi, wisata air, kuliner, belanja, hingga budaya.

“Normalnya sih tiga hari cukup. Paling tidak dari obyek-obyek kami yang sangat menarik itu sudah bisa dikunjungi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan ketika dihubungi Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Resmi, Kaldera Toba Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

Jika kamu berniat liburan ke Samosir, berikut ini itinerary liburan tiga hari dua malam di sana seperti disarankan oleh Dumosch.

Seperti biasa, kamu harus tetap menjaga protokol kesehatan saat bepergian di masa pandemi. Jangan lupa untuk menjaga 3M, memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak.

Tempat-tempat yang direkomendasikan ini telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan standard yang berlaku.

Hari Pertama wisata di Samosir

1. Geopark Kaldera Toba Sigulatti

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Geopark Kaldera Toba Sigulatti. Di sana terdapat Pusat Informasi Geopark Sigulatti. Jika kamu berlibur bersama anak-anak, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

“Yang pasti karena Toba Caldera kan sudah ditetapkan sebagai anggota UGG (Unesco Global Geopark) sejak 2019, jadi sudah resmi dia. Ini yang sayang sekali kalau tidak dikunjungi di Samosir,” terang Dumosch.

Geopark Kaldera Toba di SamosirDok. Instagram @disparkabsamosir Geopark Kaldera Toba di Samosir

Anak-anak bisa belajar sejarah terbentuknya Danau Toba dan pulau-pulau di tengahnya, termasuk Pulau Samosir. Tempat ini memiliki ruangan audiovisual yang akan membawa wisatawan seolah terbawa dan menyaksikan sendiri kejadian tersebut.

Ada pula ruangan indoor videotron. Sepanjang dindingnya memiliki videotron yang menjelaskan dengan rinci tentang Geopark Kaldera Toba, baik itu sejarah terbentuknya, geosite-nya, dan juga tempat wisata di sana.

Tempat ini terletak sekitar 12 kilometer (km) dari pusat kota Pangururan, bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja. Tempat ini terletak di Sigulatti, Sianjur Mula-mula. Buka setiap hari pukul 08.00–18.00 WIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com