Kompas.com - 05/04/2021, 13:21 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Wisatawan memadati kawasan wisata di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Paskah. Puluhan ribu wisatawan sebagian besar berkunjung ke kawasan Pantai.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, selama libur akhir pekan kawasan wisata di Kabupaten Gunungkidul mengalami peningkatan kunjungan.

Sejak Jumat (2/4/2021) kunjungan wisatawan mencapai 9.479 orang. Lalu pada hari Sabtu (3/4/2021) naik menjadi 14.373 orang, dan Minggu (4/4/2021) sampai pukul 16.00 WIB pengunjung mencapai 19.242 orang.

Sebagian besar kunjungan di kawasan wisata pantai, seperti Baron dan Pulang Sawal atau Indrayanti.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Wisata Pantai di Gunungkidul

 

"Puncaknya pada hari Minggu kemarin," kata Harry saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (5/4/2021).

Pihaknya sudah memprediksi kenaikan kunjungan wisata dan mempersiapkan penambahan jumlah personel keamanan dan pengawasan wisatawan.

"Kita ada tambahan 400 personel untuk pengamanan libur panjang akhir pekan,  untuk pengawasan (protokol kesehatan) kemarin yang mengetahui dari SAR Satlinmas" sambung Harry.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata ke HeHa Ocean View Gunungkidul

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, setiap hari ada 100-150 orang yang kedapatan tidak memakai masker saat berwisata di kawasan Pok Tunggal sampai Bukit Paralayang.

"Mereka diingatkan agar mereka menggunakan masker, menjaga jarak, dan tidak boleh berkerumun," ujar Suris.

Lebih dari 40.000 orang kunjungi Bantul

Sementara itu di Kabupaten Bantul, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan secara siginifikan di tujuh destinasi wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Bantul.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.