Kompas.com - 06/04/2021, 07:07 WIB

KOMPAS.com – Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan, sebanyak 1.342 karyawan hotel di DKI Jakarta melakukan vaksinasi Covid-19 pada 2-6 April 2021 di Gelora Bung Karno.

“Kita dari 2-6 April sudah lakukan vaksinasi sebanyak 1.342 orang karyawan hotel. Khususnya hotel yang saat ini jadi tempat untuk tenaga kesehatan dan juga orang tanpa gejala (OTG),” tutur dia dalam konferensi pers virtual “Media Briefing PHRI Jakarta tentang Vaksinasi”, Senin (5/4/2021).

Proses vaksinasi Covid-19 terhadap karyawan hotel tersebut difasilitasi pihak Gumilar, BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Dinas Kesehatan, dan Kementerian BUMN.

Baca juga: Epidemiolog: Setelah Vaksin Jangan Langsung Liburan

Adapun, vaksinasi tersebut merupakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang nantinya akan dilanjutkan ke tahap-tahap berikutnya.

Jika berjalan sesuai jadwal yang dia terima dari Dinas Kesehatan, maka vaksinasi tahap berikutnya akan berlangsung pada Juni 2021.

“Saat ini, masih didominasi untuk kepentingan vaksinasi bagi tenaga PNS, TNI/Polri, dan lansia karena cukup banyak di Jakarta, sehingga butuh waktu yang lebih lama,” ungkap Gumilar.

 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

Dalam tahap selanjutnya, vaksinasi tidak hanya akan dilakukan kepada karyawan hotel, tetapi juga mencakup tenaga pariwisata di DKI Jakarta secara umum.

Sebagai informasi, tutur Gumilar, saat ini DKI Jakarta menampung sekitar 45.140 tenaga kerja yang hendak divaksinasi pada tahap selanjutnya yang terdiri mulai dari hotel hingga taman rekreasi.

“Tenaga kerja pariwisata di Jakarta ini terdiri dari hotel, restoran, catering, event organizer, wedding organizer, bioskop, travel atau BPW (badan perjalanan wisata). Terus juga usaha golf, fitness, taman rekreasi, spa, dan lain-lain,” ujarnya.

Baca juga: Ada Vaksin, Kapan Waktu yang Tepat untuk Sambut Turis Asing?

Bagi warga DKI Jakarta yang bekerja pada sektor pariwisata dan ingin menerima vaksin Covid-19, Gumilar mengatakan bahwa mereka bisa mendaftarkan diri melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Sementara itu, bagi yang bekerja di sektor perhotelan atau restoran, mereka bisa langsung menyampaikan data ke BPD PHRI DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.