Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Ucapan Hari Suci Galungan Penuh Makna

Kompas.com - 14/04/2021, 10:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari ini (14/4/2021), umat Hindu tengah merayakan Hari Suci Galungan—hari kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Biasanya, dalam perayaan hari keagamaan di Indonesia termasuk Hari Galungan, masyarakat saling mengucapkan selamat hari raya kepada umat yang memperingatinya.

Baca juga: 6 Keunikan yang Bisa Ditemui di Bali saat Galungan

Untuk Hari Galungan, Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana mengatakan bahwa ucapan yang tepat untuk disampaikan adalah “Selamat Hari Suci Galungan”.

Selain itu, terdapat makna yang tersimpan di dalam ucapan tersebut. Dia menjelaskan bahwa maknanya adalah saling mendoakan agar mendapat perlindungan dari Tuhan dan leluhur.

“Jadi, perlindungan leluhur itu sangat penting di Bali. Dan kalau kita lihat, pura-pura di Bali sebagian besar untuk leluhur, bukan untuk Tuhan. Itu makna sesungguhnya,” tutur dia, mengutip Kompas.com, Selasa (15/9/2021).

Baca juga: Resep Lawar dan Tum Ayam, Hidangan Khas Galungan

Umat Hindu beribadah saat merayakan hari raya Galungan di Pura Amerta Jati, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020). Persembayangan Hari Raya Galungan dilakukan di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak.ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA Umat Hindu beribadah saat merayakan hari raya Galungan di Pura Amerta Jati, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020). Persembayangan Hari Raya Galungan dilakukan di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Apabila ingin mengucapkan Selamat Hari Suci Galungan kepada umat Hindu, kamu tidak perlu bingung. Berikut kumpulan ucapan Hari Suci Galungan yang dirangkum Kompas.com, Rabu:

  1. Selamat Merayakan Hari Suci Galungan, semoga Dharma menang atas Adharma.
  2. Selamat Hari Suci Galungan, semoga Tuhan dan para leluhur selalu memberikan anugerah kepada kita semua.
  3. Selamat Hari Suci Galungan, semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Kepada para kerabat se-Dharma semuanya, selamat Hari Galungan dan Kuningan. Semoga kita menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
  5. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada kita semua khususnya umat Hindu di manapun kita berada.
  6. Selamat memperingati Hari Galungan dan Kuningan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana.
  7. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini.
  8. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com