Kompas.com - 14/04/2021, 10:38 WIB
Umat Hindu bersembahyang saat Hari Raya Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (16/9/2020). Perayaan Hari Raya Galungan yang merupakan hari kemenangan kebenaran (Dharma) atas kejahatan (Adharma) tersebut diikuti umat Hindu di Pulau Dewata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/FIKRI YUSUFUmat Hindu bersembahyang saat Hari Raya Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (16/9/2020). Perayaan Hari Raya Galungan yang merupakan hari kemenangan kebenaran (Dharma) atas kejahatan (Adharma) tersebut diikuti umat Hindu di Pulau Dewata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

KOMPAS.com – Hari ini (14/4/2021), umat Hindu tengah merayakan Hari Suci Galungan—hari kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Biasanya, dalam perayaan hari keagamaan di Indonesia termasuk Hari Galungan, masyarakat saling mengucapkan selamat hari raya kepada umat yang memperingatinya.

Baca juga: 6 Keunikan yang Bisa Ditemui di Bali saat Galungan

Untuk Hari Galungan, Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana mengatakan bahwa ucapan yang tepat untuk disampaikan adalah “Selamat Hari Suci Galungan”.

Selain itu, terdapat makna yang tersimpan di dalam ucapan tersebut. Dia menjelaskan bahwa maknanya adalah saling mendoakan agar mendapat perlindungan dari Tuhan dan leluhur.

“Jadi, perlindungan leluhur itu sangat penting di Bali. Dan kalau kita lihat, pura-pura di Bali sebagian besar untuk leluhur, bukan untuk Tuhan. Itu makna sesungguhnya,” tutur dia, mengutip Kompas.com, Selasa (15/9/2021).

Baca juga: Resep Lawar dan Tum Ayam, Hidangan Khas Galungan

Umat Hindu beribadah saat merayakan hari raya Galungan di Pura Amerta Jati, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020). Persembayangan Hari Raya Galungan dilakukan di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak.ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA Umat Hindu beribadah saat merayakan hari raya Galungan di Pura Amerta Jati, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020). Persembayangan Hari Raya Galungan dilakukan di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Apabila ingin mengucapkan Selamat Hari Suci Galungan kepada umat Hindu, kamu tidak perlu bingung. Berikut kumpulan ucapan Hari Suci Galungan yang dirangkum Kompas.com, Rabu:

  1. Selamat Merayakan Hari Suci Galungan, semoga Dharma menang atas Adharma.
  2. Selamat Hari Suci Galungan, semoga Tuhan dan para leluhur selalu memberikan anugerah kepada kita semua.
  3. Selamat Hari Suci Galungan, semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Kepada para kerabat se-Dharma semuanya, selamat Hari Galungan dan Kuningan. Semoga kita menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
  5. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada kita semua khususnya umat Hindu di manapun kita berada.
  6. Selamat memperingati Hari Galungan dan Kuningan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana.
  7. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini.
  8. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X