Kompas.com - 14/04/2021, 11:01 WIB
Warga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter.

KOMPAS.com – Belakangan ini, Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sedang menjadi buah bibir warganet karena memiliki wahana gondola dengan pemandangan yang apik.

Kendati demikian, Kepala Desa Tegalmulyo bernama Sutarno mengatakan, Dusun Girpasang dan sekitarnya juga menawarkan kegiatan wisata yang tidak kalah menarik selain menaiki gondola.

Baca juga: Resmi! Ada Gondola Baru untuk Wisatawan di Dusun Girpasang Klaten

“Bisa menikmati panorama alam yang indah dari Girpasang dan pintu masuk Girpasang (Dusun Ngringin), wisata kuliner ada. Ada beberapa tempat kuliner, di Ngringin banyak,” ungkap dia, Selasa (13/4/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut pilihan wisata yang dapat dinikmati di Dusun Girpasang dan sekitarnya:

1. Pemandangan alam

Tidak dapat dipungkiri lagi, pemandangan alam yang disuguhi Desa Tegalmulyo terbilang cukup unik lantaran lokasinya dekat dengan Gunung Merapi.

Alhasil, pepohonan dan tanaman pun tumbuh dengan subur di sana. Jika kamu ingin melepas penat dari sumpeknya pemandangan di kota, kamu bisa berkunjung ke desa ini.

Tangkapan layar dari video yang diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui Instagram-nya terkait jalur yang harus ditempuh untuk menuju ke Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.kompas.com / Nabilla Ramadhian Tangkapan layar dari video yang diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui Instagram-nya terkait jalur yang harus ditempuh untuk menuju ke Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

2. Pemandangan Gunung Merapi

Gagahnya gunung merapi dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke desa ini. Namun, pemandangan lebih terlihat apik jika dilihat dari spot tertentu.

“Panorama alam lebih cantik di Ngringin,” tutur Sutarno.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X